Beras Petani Batola Bakal Masuk Pasar Modern

banner 468x60

Banjarmasin, Media Publik
Beras petani Barito Kuala, Kalimantan Selatan, bakal masuk di pasaran modern seperti di supermarket atau swalayan setelah pemerintah membantu meningkatkan kualitas pengolahan dan produksi beras serta kemasan.

Pimpinan Kelompok Bisnis Mikro Bank Kalsel, Fakhrudin di Banjarmasin Sabtu mengatakan, pihaknya kembali menggelontorkan dana untuk pengembangan sistem resi gudang untuk petani Barito Kuala, setelah pengembangan resi gudang tahap pertama berjalan cukup baik.

banner 300x250

“Kita akan kembali membantu pengembangan resi gudang di Barito Kuala, sehingga di daerah tersebut bakal ada sistem pergudangan di dua tempat,” katanya.

Pengembangan resi gudang yang ke dua ini nanti, tambah dia, tidak hanya berfungsi untuk penyimpanan beras atau padi petani, tetapi juga akan dilengkapi dengan sistem pengolahan atau produksi beras dan pengemasan.

Melalui peningkatan kualitas dan sistem pengemasan yang baik tersebut, kata dia, maka beras asal Batola layak untuk dijual di pasaran modern.

“Dengan program tersebut, kita berharap para petani bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteran petani,” katanya.

Menurut Fakhrudin, pinjaman kredit lunak resi gudang tahap pertama, yang diberikan kepada para petani padi Batola berjalan cukup lancar, dan sebagian besar petani telah mampu melunasi pinjaman tersebut.

Pemanfaatan kredit resi gudang mendorong peningkatan kesejahteraan hidup petani melalui manajemen pengelolaan hasil panen, sekaligus peluang bagi perbankan untuk tumbuhnya peluang jasa baru penyaluran kredit.

Resi gudang, juga membuat tumbuhnya peluang jasa baru dan penyaluran kredit yang lebih menguntungkan.

Sedangkan bagi pemerintah dapat mendorong tumbuhnya industri pergudangan dan bidang usaha terkait lainnya, sebagai sarana pengendalian ketersediaan stok beras lokal atau nasional yang lebih efisien, sehingga dapat menjamin ketersediaan suplai hasil pertanian sepanjang musim.

Dengan adanya kredit resi gudang, maka petani dapat meningkatkan pendapatan dengan sistem tunda jual untuk memperkecil fluktuasi harga. (antara/ UM)

banner 468x60
author

Author: