Anggota DPRD Terpilih Tunggu Hasil Rekap Berjenjang

banner 468x60

Banjarmasin, mediapublik.net ,

banner 300x250

KPU Kalsel meminta masyarakat bersabar untuk mengetahui siapa-siapa yang berhak duduk di DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kota/Kabupaten, mengingat rekapitulasi suara manual berjenjang masih di tingkat kecamatan.

Permintaan bersabar itu dikemukakan Komisioner KPU Kalsel, Siswandi, Rabu (24/4), sekaligus menjawab beredarnya prediksi caleg dari berbagai partai yang akan menduduki kursi DPRD Provinsi Kalsel melalui jejaring sosial dalam beberapa hari terakhir.

Seperti diketahui, pasca pemungutan suara, Rabu (17/4) lalu,  tahapan penghitungan terus dilakukan penyelenggara pemilu. Saat ini, hingga 4 Mei nanti, rekapitulasi suara manual berjenjang yang dilakukan KPU masih ditingkat kecamatan.

Namun selain KPU, sejumlah lembaga survey dan peserta pemilu melalui tim pemenangannya, maupun partai politik, secara internal juga melakukan penghitungan.

Akibat hasil penghitungan internal peserta pemilu ini, diduga memunculkan prediksi nama-nama pemenang Pemilu 2019. Seperti halnya para calon legislatif yang diyakini mendapat suara terbanyak untuk meraih kursi di dewan.

Termasuk nama-nama caleg yang diprediksi bakal duduk di DPRD Kalsel, yang saat ini marak beredar di media sosial.

Menurut Siswandi, KPU Kalsel tidak mengacu dengan informasi yang beredar di media sosial, khususnya dalam penghitungan suara.

“Kita tidak melihat apa yang terjadi di media sosial. Kita masih menungu hasil rekap berjenjang. Sampai nanti kita memutuskan di rapat pleno di tingkat provinsi maupun nasional, untuk siapa-siapa yang terpilih. Jadi masyarakat punya kebebasan. Tapi kami tekankan, itu bukan hasil resmi dari KPU,” kata Siswandi. (emy/foto: ist)

banner 468x60
author

Author: