Desa Guntung Besar dikunjungi Dua Kementerian.

Pelaihari, mediapublik.net

Manunggal Tuntung Pandang yang ke 27 kali ini digelar di Desa Guntung Besar, Jum’at (4/10). Pada kesempatan itu turut dilakukan pemasangan peneng program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) yang mana kegiatan tersebut adalah program dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Dirjend Penyediaan Perumahaan berupa peningkatan kualitas rumah swadaya.

Turut berhadir Pjs Kepala Desa Guntung Besar, Suryani, Direktur Pakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Sri Widayati, PPK Rumah Swadaya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Yusuf Muskiono, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel, Suparmi.

Mengenai program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya, PPK Rumah Swadaya Kementrian PUPR, Yusuf Muskiono, mengungkapkan tujuan program BSPS adalah untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah dan anggaran program tersebut berasal dari APBN murni.
Penerima bantuan pun harus memiliki swadaya sendiri dari nilai total Rp 17.500.000. “Yang membeli material nya juga masyarakat sendiri, jadi kami hanya memberi uang yang berupa buku tabungan,” jelasnya.

Terkait dengan program ini kedepan, pihaknya mengembalikan ke Kabupaten/Kota yang memberikan usulan. “Insha Allah kalau Kabupaten/Kota nya kooperatif, maka akan lebih mendapatkan manfaat program ini,” ujarnya. Ia berharap kedepannya SKPD dan kepala daerah harus lebih aktif lagi agar Kementrian PUPR lebih mudah berkomunikasi ke Kabupaten/Kota tersebut.

Sementara itu, Direktur Pakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Sri Widayati mengatakan bahwa dari Kementerian Pertanian sendiri, ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang sudah diidentifikasi oleh Kementerian Sosial yang masuk dalam kategori miskin dalam hal pendapatan.

 Kemudian dari Kementerian Pertanian mengidentifikasi lagi diantara masyarakat yang masuk dalam kategori miskin yang sudah diidentifikasi oleh Kemensos tadi yang berprofesi sebagai petani, sehingga diperoleh Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP).

Lebih lanjut ia menjelaskan, RTMP diberi fasilitas untuk melakukan budidaya ternak, yang pada umumnya yaitu ayam namun untuk Kalimantan Selatan adalah itik yang sesuai dengan budaya dan dukungan ekologi di Kalsel. “Setiap RTMP diberi 50 ekor itik, kemudian bantuan pakan, obat – obatan dan kandang. Namun kandang sifatnya stimulasi, jadi kami memberi uang 500 ribu yang masuk dalam rekening mereka untuk kemudian dibuat kandang,” jelasnya.

Bupati Tala H. Sukamta mengatakan bahwa Desa Guntung Besar sangat beruntung, pasalnya Desa Guntung Besar dikunjungi dua Kementerian sekaligus, yakni Kementrian PUPR dan Kementrian Pertanian yang ingin membantu masyarakat melalui program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera “Bekerja” dari Kementerian Pertanian dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR dan Kementerian Pertanian, sebab menurutnya, program program yang dilaksanakan tersebut betul – betul diperlukan oleh masyarakat.

Menurutnya, sejak dulu icon Tanah Laut adalah peternakan, terutama peternakan sapi dan pihaknya juga akan bekerjasama dengan perusahaan pasca tambang, terkait dengan pengembangan ternak sapi tersebut.
“Saya juga menginginkan nanti ada dua kecamatan yang akan menjadi sentra itik yakni Kecamatan Kurau dan Bumi Makmur,” tambahnya.(MPHum)

author

Author: