Distribusi Air Berkurang, Ibnu Pantau IPA PDAM

Banjarmasin, mediapublik.net

Menanggapi keluhan masyarakat tidak maksimalnya  pendistribusian air yang dibutuhkan,   Walikota Ibnu Sina langsung bereaksi melakukan pemantauan ke PDAM Bandarmasih Banjarmasin di jalan A. Yani Km. 3 Rabu (3/3) tempat dimana dilakukan pengolahan air bersih.

Dari hasil koordinasi pada Dirut PDAM bersama karyawan ternyata air baku yang diambil di sungai Bilu sudah terinstrusi air laut hampir 1700 miligram perliter dan itu sudah diatas ambang karena yang bisa ditoleransi disana hanya sekitar 250 mg per liter .

Kalaupun masih bisa diambil airbakunya ,  karena dalam  prosesnya ada  pencampuran air baku sungai bilu dengan air sungai Tabuk .

Ketika disinggung kasus ditahun 2015 susahnya mendapat air,  lebih dikarenakan susahnya mendapatkan air baku,  siklus 3 tahun ini antara 1 antara 3 bulan dan ini bulan telah memasuki masa oktober mudah-mudahan  hujan turun debit air membaik Semoga cepat lepas dari intrusi air laut.

Untuk itu Walikota mengharap  pada  masyarakat tolong  berhemat dalam menggunakan  air , menyediakan penampungan air.  Kepada PDAM agar   antisipasi pelayanan tidak sampai 24 jam,  karena produksi air PDAM sudah berkurang Mudah-mudahan ini bisa cepat kita lalui bersama-sama seiring  seringnya hujan turun sehingga Intake IPA pengolahannya menjadi baik , distribusi air bisa maksimal.

Ditempat sama Dirut PDAM Yudha Achmadi menegaskan batas toleransi  instusi air laut di intake sungai bilu adalah 250 mg/ liter, namun jika melebihi bahkan seperti hari ini terkontrol 1700 mg/ liter  kondisi sekarang, maka intake sungai bilu segera dihentikan, tapi produksi di A Yani masih bisa dioperasikan karena air diambil dari sungai tabuk diteruskan ke jalan Pramuka dilanjutkan ke Ayani .

Dengan demikian maka air masih bisa didistribusikan. Kalau semuanya di sungai tabuk terinstrusi juga maka kapasitas distribusi menjadi berkurang. Kemampuan sungai tabuk juga terbatas baik di pramuka maupun A yani.

Kalau kondisi itu terjadi maka  kondisinya adalah  mengurangi produksi air, yang berakibat distribusi air juga berkurang, jelas Yudha.  (Daus)

author

Author: