Gerakan Kurangi Sampah Plastik Dengan Sejuta Bakul

Banjarmasin, mediapublik.net

                Gerakan bersama Sejuta bakul Purun  dalam upaya mengurangi kantongan plastik  dengan  menggunakan bakul purun.  Dilaunching  walikota Banjarmasin Ibnu Sina  Kamis ( 14/2)  di Pasar Teluk Dalam  Banjarmasin. 

                Dua pasar yakni Teluk Dalam dan Pandu sebagai Pilot Project pada enam bulan lalu  sangat mendukung dalam penggunaan bakul purun tersebut, sehingga kegiatan ini akan dilanjutkan. Hari ini juga dalam rangka 3 tahun kinerja Pimpinan Walikota Wakil Walikota Banjarmasin Ibnu Sina – Hermansyah  dan sosialisasi  sebanyak 5000 bakul  dibagikan kepada warga yang berada dipasar – pasar di lima Kecamatan Banjarmasin.

                Upaya pemerintah ini harus didukung oleh warga kota Banjarmasin dimana saja baik di pasar tradisional maupun pasar modern mulai sekarang sudah membiasakan diri menggunakan  bakul purun. Alasan penggunaan bakul purun tersebut  adalah jauh sebelum era plastik orang tua bahari sudah terbiasa dengan menggunakan bakul purun, ujar Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

                Ibnu juga menekankan di  pemakaian bakul ini ramah lingkungan yang bisa dipakai berkali kali  sebagai tempat berbelanja, menghidupkan UKM usaha disektor pemberdayaan masyarakat,

Walikota muda ini berharap gerakan ini berdampak terutama ke pasar tradisional sampah pelastik yang banyak menimbun ditempat tersebut dengan penggunanan bakul ini dapat menguranginya  sampai dengan 10 %.

                Dengan penetapan Perwali  Ibnu sampaikan dihadapan undangan Launching  Bakul Purun, ada    5 Truck perhari  sampah sudah terkurangi. Oleh Karena  itu atas kinerja Pemko bersama warga Banjarmasin pihak terkait langsung atau tidak langsung , bersukur mendapatkan Adipura 2018. Selain itu juga diberikan Kinerja terbaik  atas pengurangan sampah di  11 kota di Indonesia, salah satunya Banjarmasin.

                Dingatkan Walikota plastik ini sangat berbahaya berpotensi  menimbulkan penyakit yang dinamai micro plastic, wajudnya seperti  penyakit  kanker,  stanting,    dan penyakit lainnya. Oleh karenanya Ibnu meminta kepada Warga agar kita kembalikan pada kebiasaan yang benar,  kembali pada orang tua yang dulu mengunakan bakul purun.

Terhadap meningkatnya permintaan bakul  ini yang berhubungan dengan persediaan bakul tersebut, ujar Walikota  meminta mengajak UKM sekalsel  Untuk memenuhi  permintaan kebutuhan bakul  di Banjarmasin. Meskipun  di Banjarmasin sendiri ada pengerjaan sentral Bakul Purun seperti di Mantuil  dan sentral lainnya di Banjarmasin.

                Setelah dilaunching bakul purun ini ,  Pemko Bjm meminta kepada  Dinas Perdagin  husus Dinas Pasar, LH, Camat Lurah yang  sudah mensosialisasikan sekaligus melakukan control dan mengawasi  pelaksanaannya dipasar- pasar tradisional. (Advertorial) MP Daus

author

Author: