Giat Karateka di Haornas Dukung GERMAS

Banjarmasin, mediapublik.net

 Puncak Hari Olah Raga Nasional (HAORNAS) ke 36 tahun 2019 yang digelar di Banjarmasin menjadi istimewa bagi Kalsel untuk menyukseskan Pemecahan Rekor MURI Peragaan 5500  Karateka terbanyak di Indonesia.

Semua Institusi terlibat dalam pensuksesan acara ini tak terkecuali Dinas Kesehatan Kalsel mengikutkan 150 Karateka di ajang MURI ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel HM Muslim, S.Pd, M.Kes  saat berada di Siring Sungai Martapura Banjarmasin di acara pagi minggu (8/9) mengatakan ini  merupakan salah satu  dari implementasi gerakan masyarakat (GERMAS) hidup sehat  yang  dikemas dalam gerakan  salah satu indikatornya adalah masyarakat kita melakukan aktivitas fisik.

Itu dilakukan setiap hari selama kurang lebih 30 menit setiap hari dan bisa juga melalui kegiatan olahraga tertentu misalnya seminggu 3 kali, karate merupakan kegiatan olahraga dan merupakan kegiatan  germas.

 Oleh karena itu secara tidak langsung ini juga menjadi indikator keberhasilan untuk memasyarakatkan Gerakan Hidup Sehat khususnya, bagi  Dinas Pemuda dan Olahraga dengan gerakan ini merupakan Germasnya DISPORA

Selain itu untuk mendukung memfasilitasi  kegiatan ini Dinas Kesehatan Kalsel  menyiapkan dan menyediakan titik-titik pos pelayanan kesehatan di beberapa titik rawan, ambulans dan petugas kesehatan  yang disiapkan pada  tiap-tiap sudut atau tiap jalur tidak hanya ambulance darat kita juga menyiapkan ambulans air jika terjadi kasus emergency yang sifatnya dadakan.

Yang jelas kegiatan ini merupakan ide  dari Gubernur kita Paman Birin di mana berupaya untuk mempopulerkan dan membudayakan hidup sehat salah satunya melalui event Olahraga Nasional  ini tidak hanya sampai pada saat untuk pendokumentasian di MURI  tapi selanjutnya SKPD SKPD yang membina olahraga karate seperti ini untuk dilanjutkan.

Terpenting ujar  Muslim teruskan teruskan latihan rutin , karena tujuan akhirnya adalah membuat kita sehat dan program lanjutan buat kita semua ini jadikanlah   kebiasaan masyarakat  yang kita harapkan dari 1 diantara 7 Gerakan Hidup Sehat Itu adalah beraktivitas fisik. (Yanti)

author

Author: