Hari Jadi Banjarmasin Sajikan Tari Kolosal Kepahlawanan Suriansyah

Banjarmasin, mediapublik.net

                Dalam rangka Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 493 September 2019,  menyambut kedatangan Bupati Walikota Seindonesia, Pemko Banjarmasin melalui  Dinas Pariwisata Seni dan Kebudayaan (DPSK)  menyajikan banyak sekali  kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk bermacam-macam event banua BAIMAN.

Ini disampaikan   Kabid Kebudayaan,  Fatimah Adam M.Pd ,  DPSK  Pemko Banjarmasin pada online mediapublik.net diruang kerjanya  Jum,at  (2/8) di Banjarmasin  tentang gambaran kegiiatan asset wisata sungai yang diunggulkan untuk dijual ke publik.

Bersama Waikota sudah dirancang dengan belajar dari tahun lalu, setiap tahunnya harus menunjukkan kemajuan kemajuan inovasi yang baru. Menariknya ditahun ini dengan tampilan Tarian Kolosal yang diikuti oleh 493 penari (notabene sesuai usia Banjarmasin)  asal Banjarmasin dari berbagai pendidikan dan Sanggar, tukas Fatimah.

Ini adalah salah satu tari pertama  yang dikolaborasikan perpaduan antara menghargai kepahlawan Sultan suriansyah dan visi misi walikota sejalan yang berjuang  untuk pembangunan Banua. Otomatis nilai pahlawan itu identik  akan dipoles dalam sebuah tarian Kolosal.

Itulah awalnya namun ditengh sajian tarian tersebut ada kemunculan seorang Putri yang menggambarkan tentang seribu sungai.  Ini Berkenaan Asset Pariwisata adalah Seribu Sungai. Sehingga para penari itu akan menggambarkan kehidupan seribu sungai  yang patut dilihat dan dikunjungi para Wisatawan.

Tampilan lain adalah Paduan suara disatukan dengan music Orkestra dengn lagu penggugah semangat pembangunan, ditambah lagu terbaru ciptaan musisi banua Yudit emnterteimen,  Expo Trendy, Night  Carnival, Aruh Ganal, Festival Budaya Islam dan lainnya.

Di Nol Km pada malam Diner juga akan ditampilkan kembali Tarian unik juga dalam rangka  pembukaan Rakernas CSS , dan yang sangat disenangi adalah Lomba Tanglung ( perahu hias) bermesin dan tak bermesin dengan total hadiahnya lumayan besar Ratusan Juta Rupiah, jelas Fatimah. (Zahir)

author

Author: