IGTKI Diperlukan Untuk Dunia Pendidikan

Rantau, mediapublik.net

Peringatan  Hari Ulang Tahun ke 69 Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) ditandai dengan pemotongan kue ukuran besar bertuliskan IGTKI di pusatkan Tribun Stadion Dwi Dharma Rantau KabupatenTapin,  Senin (17/6) kemarin.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan menyampaikan selamat ulang tahun ke 69 IGTKI PGRI Provinsi Kalsel semoga dengan usia yang lebih dewasa ini akan memotivasi dan semangat yang lebih besar dalam pengabdian dan karyanya di sektor pendidikan.

“Kita semua tentunya sangat menyadari bahwa kualitas sumber daya manusia menjadi isu penting dalam menghadapi tantangan di era perubahan yang begitu cepat ini, ” katanya.

Guru sebagai salah satu penentu kualitas SDM dalam bidang pendidikan memiliki peran yang sangat strategis, karena itulah diperlukan guru yang benar benar profesionaldan berorentasi kedepan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ulang tahun tentunya momentum instropeksi apa yang telah dilakukan dalam upaya ikut berkontribusi mengabdi bagi bangsa dan negara khususnya bidang pendidikan.

Selama ini kontribusi IGTKI sangat luar biasa, dan sebagai tenaga pendidik khususnya di usia dini merupakan pekerjaan mulia daripada saya.

“Untuk itu kami ajak keluarga besar IGTKI untuk terus bersinergi dengan Pemerintah bersama-sama mencerdaskan bangsa dalam upaya meningkatkan derajat pendidikan di Indonesia,” kata Bupati Tapin.

Ketua IGTKI Kalselsel Nurlailawati SPd, MM,  mengatakan HUT yang dilaksanakan di  Tapin Rantau berjalan lancar dan sesuai rencana yang diagendakan setiap tahunnya.

Adapunm manfaat yang diambil dari HUT  ini selalu dievaluasi untuk disempurnakan ditahun berikutnya, selaku Ketua,  3 tahun berjalan di tahun ke 3 kita dapat merekrut organisasi mitra mengundang terkait Dinas Pendidikan yang sangat mendukung dalam kegiatan IGTKI.

Dengan bertemu sesama anggota yang berjumlah 15.000 orang  kami dapat merekatkan silaturahmi se Kalsel yang mana saat bertugas tak bertemu namun disaat HUT ini  kita bisa koordinasi sekaligus  melakukan unjuk pentas dalam parayaan acara HUT IGTKI ini.

Disinggung Rekomendasi apa  yang dibuat dari HUT IGTKI 2019, menurut Kepala TK Al Furqon Banjarmasin ini, hendaknya Instansi terkait dengan  melihat  secara langsung banyak guru honorer yan bekerja di pendidikan PAUD ini sementara PNS masih sedikit . Harapannya kedepan pada Pemerintah Daerah agar guru Honorer  ini dapat diangkat menjadi PNS yang bekerja pada daerah masing masing.

Untuk memberikan reward kepada anggota IGTKI, hari ini diberikan penghargaan  kepada lomba penulisan terbaik diseluruh Indonesia dimana kalsel yang masuk dalam katagori 10 besar, husus untuk Kalsel yang menerima penghargaan terbaik pertama adalah Kepala TK Rumah Pintar Amuntai,  Dadi S.Pdi, MM

Ditempat sama Kepala Dinas Pendidikan kota Banjarmasin Totok A. Daryanto, berharap ini sebuah momentum dimana organisasi IGTKI diperlukan untuk mendukung kemajuan dunia pndidikan apalagi PAUD  menjadi salah satu syarat sebelum memasuki SD minimal 1 tahun untuk masuk SD harus mengikuti  PAUD.

Totok berpesan kepada Guru Guru PAUD untuk tetap bersemangat meski kita memahami berkenaan dengan kesejahteraan  karena kemampuan terbatas tak bisa memberikan nilai lebih  namun kita berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan, yang jelas setiap tahun ada kenaikan hususnya d Banjarmasin.

Dalam kenaikan pangkat husus guru tk Negeri berpangkat  III D keatas harus ada kemampuan untuk menulis di Jurnal dalam upaya percepatan mendukung kinerjanya. Namun  bagi non PNS itu akan menambah  kenaikan angka impasing.

Hadir dalan kegiatan ulang tahun IGTKI tingkat Provinsi kalsel di Rantau  Danrem 101/Antasari Kolonel Inf M Syech Ismed, SE, M.Han., Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto, Danlanud Banjarmasin, Kasi Tenaga Kebudayaan Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Prov. Kalimantan Selatan, Bupati Tapin HM Arifn Arpan Dandim 1010/Rantau Letkol Inf Rio Neswan MM MIK, Ketua Tim PKK Tanah Laut  serta para Walikota dan Bupati se-Kalsel. (MP/Zahir)

author

Author: