banner 300x250

Ini Jawaban “Nyeleneh” Cornelis, Saat Ditanya Soal MEA

meaPONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis MH, memberikan materi pada Pembekalan Remaja Brigadir Remaja Polda Kalimantan Barat di Pontianak, Jum’at 18/03. Dalam acara yang diikuti 407 Orang Personil Polisi itu, Cornelis ditanya oleh salah seorang peserta, terkait kesiapan Pemerintah Daerah menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean – MEA.

“Pak, apa langkah yang sudah dilakukan Pemda menghadapi MEA ?” tanya seorang Brigadir.

Mendapat pertanyaan tersebut, Cornelis pun langsung berdiri dari tempat duduk awalnya (meja pemateri) seraya berjalan ke arah podium. “Berdiri saja ya, supaya nampak jelas wajah Saya,” katanya. Lalu dia melanjutkan, salah satu langkah yang diambil Pemerintah adanya mempersiapkan SDM handal dan profesional seperti Pembekalan yang dilakukan oleh Kepolisian Daerah Kalbar saat ini.

“Kegiatan ini dilakukan agar kita tidak tenggelam digerus keterbukaan dan kemajuan zaman”. Sedangkan untuk bidang ekonomi, pemerintah daerah akan mengolah semua potensi dan kekayaan alam agar bisa dijual dan menjadi produk unggulan pada pelaksanaan MEA tersebut. Menderngar jawaban sang Gubernur, para personil Polisi itupun menyimak dengan wajah serius, sehingga seisi ruanganpun nampak hening. Ditengah keheningan itu, Cornelis kembali melanjutkan jawabannya soal persiapan pemerintah daerah menghadapi MEA.

Dengan nada datar, Cornelis mengungkapkan, tidak usah takut menghadapi MEA, karena pemerintah sangat siap. “Kita nggak usah takut, nanti kita kirim satu juta orang ke sana, suruh mereka kencing dan makan tidak bayar, pasti pusing ngurusnya. Kalo dipenjarakan, penjarapun bisa penuh. Itu baru satu juta, kalo kita kirim sampai lima juta orang, makin pusingkan,” ungkapnya. Mendengar jawaban tersebut, ratusan Polisi yang baru lulus pendidikan itupun langsung tertawa sehingga ruangan yang awalnya hening menjadi riyuh.

Meski kerap terlihat garang, apalagi saat memberikan sambutan pada acara-acara pemerintahan, namun Gubernur Kalbar Cornelis selalu menyisipkan candaan di dalamnya, sehingga tidak membuat orang bosan. Bahkan pada acara tersebut, diakhir jawabannya, Politisi PDI Perjuangan Kalbar itu mengungkapkan tidak perlu ada pembatas antara atasan dan bawahan. “Itu sebabnya, Saya datang menghadiri acara dengan Anggota Polri memakai baju putih, sehingga kalian tidak menganggap Saya ini Pejabat atau atasan” BK

banner 300x250