banner 300x250

Kabupaten Banjar Berhasil Kembangkan Bawang Merah

Martapura, mediapublik.net

Kabupaten Banjar adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan. Terkenal dengan julukan Bumi Kindai limpuar karena produktivitas padinya berlimpah ruah, Kabupaten Banjar melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab. Banjar terus berupaya untuk melakukan diversifikasi tanaman budidaya tidak hanya padi dan komoditas lain yang sudah menjadi unggulan Kabupaten yang terkenal sebagai serambi mekkah ini, baru-baru ini Kab. Banjar mendapat bantuan dari Kementerian Pertanian RI melalui Dinas TPH Provinsi Kalimantan Selatan berupa kegiatan demplot pengembangan Budidaya bawang merah di Kab. Banjar. Bantuan ini untuk mendukung program UPSUS Baberuk (Upaya Khusus untuk meningkatkan produksi bawang, cabe, dan Jeruk) kalau untuk cabe dan jeruk di Kab. Banjar produktivitasnya cukup tinggi, tetapi untuk bawang salah satunya bawang merah Kabupaten Banjar belum diusahakan secara khusus, berawal dari sinilah Kab. Banjar melaksanakan kegiatan pengembangan budidaya bawang merah seluas 4 Ha yang tersebar di 3 kecamatan yakni Sei tabuk seluas 1 ha, Simpang Empat 2 Ha, dan Sei Pinang 1 Ha. Paket bantuan yang diterima berupa pupuk cair dan Benih Bawang merah Varietas Bima Brebes sebanyak 800 kg/Ha selebihnya swadaya petani.

Bawang merah varietas bima brebes tersebut tumbuh subur di lahan persawahan (dataran rendah), dan ditanam saat musim kemarau. Meskipun baru di ujicoba, namun hasilnya cukup mengembiraan bagi petani yang tergabung dikelompok tani “ BINA GUNA” Desa Pejambuan Kcamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

Panen ini dilaksanakan pada hari minggu 16/09/18 di kelompok tani “ BINA GUNA” Desa Pejambuan Kcamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar yang dihadiri oleh Kadis

TPH Kab. Banjar Ir. H. Muhammad Fachry, MP, beserta jajarannya. Fachry mengatakan bahwa dengan keberhasilan Pa rusmanto dkk anggota kelompok Tani Bina Guna mengembangkan bawang merah tidak menutup kemungkinan Bawang merah akan menjadi Komoditi Hortikultura golongan sayuran terbaru di Kabupaten Banjar. Fachry mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Banjar siap mendukung petani yang sudah berpengalaman menanam bawang merah melalui dana APBN/ APBD Tk. I/ APBD II sebagai demplot percontohan di kabupaten Banjar. Hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat yang mencanangkan swasembada bawang merah dengan fokus menumbuhkan kawasan baru bawang merah di beberapa daerah, salah satunya Kabupaten Banjar.

Kepala bidang tanaman pangan dan hortikultura Dinas TPH Kab. Banjar Ranuwaty Rosayulinda, SP, MP juga mengungkapkan rasa bangganya atas keberhasilan petani mengembangkan diversifikasi tanaman budidayanya. Di lahan seluas 1 Ha ini didapatkan 6 ton bawang merah.. Hal ini menjadi kebanggaan kita semua, ujar Rosa, Rosa kembali menambahkan Dengan dilaksanakannya panen bawang merah ini, , semoga dapat memotivasi kelompok tani lainnya untuk bercocok tanam bawang merah dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Mendengar kabar tersebut Bupati Banjar H. Khalillurahman bersyukur atas keberhasilan panen bawang merah di kec. Sungai Pinang, Bupati mengatakan ini menjadi motivasi bagi petani lainnya untuk mengembangkan budidaya bawang merah. Berharap dengan keberhasilan pengembangan budidaya bawang merah ini kabupaten Banjar mampu mencukupi kebutuhan kab. Banjar sendiri, kebutuhan untuk Kalsel, dan menyediakan bawang merah yang berkualitas ekspoort untuk pasar luar negeri, “ Tandas Bupati. (mp)

banner 300x250