Kades Harapkan dibuat Pasar & Siring Sungai Pandahan

Pandahan-Tala,  mediapublik. net

 Keunikan Desa Pandahan Kecamatan Bati Bati Kabupaten Tanah Laut (Tala) hadirnya Pasar Pagi disetiap harinya,  sayangnya lokasi tersebut secara sepontan berada di tepian jalan Nasional Ahmad Yani.

 Potensi pasar yang kini terus berkembang meningkatkan pertumbuhan ekonomi pedesaan disektor jasa ini harus terkelola dengan baik,  ujar Kepala Desa Alfiani Taurus dikatakannya pada mediapublik.net diruang kerja Kades di Pandahanan kecamatan Bati Bati (13/11).

 Lebih menarik ditepian jalan ini juga yang berdekatan dengan jembatan ada sederetan pedagang jagung rebus yang sering dikunjungi pengunjung untuk membeli yang dimakan saat jalan , juga bisa buat oleh oleh atau makan ditempat pedagangnya.

 Kami berharap kepada Pemkab. Tala , Pemprov. Kalsel agar lebih berkembang lagi dan tak mengganggu arus transportasi jalan nasional selain itu akan tumbuh destinasi wisata baru,  agar pasar Pandahan dipindahkan ke dalam kampung tepatnya ditepian sungai Maluka.

                 Untuk mendukung kawasan tersebut perlu dibebaskan empat buah rumah dan dibuatkan siring sungai serta pengerukan pendalaman arus sungai.

                 Sehingga kawasan ini menjadi menarik sebagai tempat transaksi  perdagangan  selain pasar ada susur sungai yang bisa dilintasi pengunjung merasakan nuansa refreshingnya.

                 Perlu diketahui sungai Maluka di Pandahan menghubungkan kedesa Kurau sampai kelaut lepas sejak 2016 sudah diusulkan ke Pemda sayang nya belum bisa terealisasi.  Ujar Alfiani.

                  Sebetulnya Pemerintah Desa bisa juga gunakan Dana Desa namun tak ada peraturan yang mengaturnya, untuk merealisasikan lebih optimal pembuatan Pasr Baru tersebut  mohon Pemda bisa membatu rencana pembangunan pasar dan siring tersebut  ditekankan  mantan anggota dewan ini.  (Daus)

author

Author: