Kadis Perpustakaan Kalsel buka BIMTEK

Banjarmasin, mediapublik.net, –

Bertempat di Hoten Ratan inn, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan Bimbingan Teknis (MIMTEK) pendataan perpustakaan sekaligus penyerahan sertifikasi hasil akreditasi perpustakaan sekalimantan Selatan. Senin, (02/03).

Di ikuti peserta dari Dinas Perpustakaan Kabupaten  kota, Sekolah Menengah Pertama Sederajat, dan Sekolah Menengah Tingkat Atas sederajat. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Nurliani ( Nunung sapaannya)  membuka acara Bimtek Perpustakaan.

Disela acara tersebut  Nunung  serahkan sertifikasi hasil akreditasi perpustakaan yang  dilaksanakan selama 2 hari, sejak  tanggal 2-3 maret.

‚Äúsejauh ini kami belum mendapatkan kondisi sesungguhnya perpustakaan dari sejumlah sekolah yang ada di Kalimantan Selatan, apakah sudah memiliki Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) atau belum,  NPP  ini sebagai penanda sebuah Perpustakaan.

Adanya pendataan ini diharapkan dapat mengetahui peta kondisi sesungguhnya perpustakaan di Kalimantan Selatan saat ini, memberikan pemahaman kepada peserta tentang pentingnya data pemetaan perpustakaan sebagai bahan kebijakan untuk semua jenis perpustakaan.

Selain menggelar Bintek, Dispersip juga menyerahkan SK Kepala Perpustakaan Nasional RI hasil akreditasi perpustakaan yang telah dilaksanakan pada 2019 lalu. Masing-masing perpustakaan  mendapatkan predikat A, B, dan C. Namun ada juga yang belum terakreditasi.

Dari hasil akreditasi, ada 22 perpustakaan  yang mengikuti pelaksanaan. Namun hanya ada 19 yang berhasil lolos terakreditasi pada tanggal 6 Februari lalu.

Turut berhadir juga bapak kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia drs. M. Syarif Bando, pejabat struktural dan fungsional di lingkungan dinas perpustakaan dan kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, perwakilan atau kepala Dinas perpustakaan Kabupaten / kota kalimantan Selatan. (Rahmah)

Rate this article!
author

Author: