Kalsel Dapat Penghargaan SAKIP A

Banjarmasin, mediapublik.net

Banjarmasin sebagai Ibukota Kalsel menjadi pusat perhatian Para Petinggi Pemerintahan di Indonesia Timur sebagai tempat  pelaksanan Penyelenggaraan pemberian penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pmerintah (SAKIP) Oleh Kementrian  Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI.

Tujuan atas keberadaan SAKIP ini  adalah untuk memperbaiki semua kinerja pemerintahan demi pelayanan yang terbaik di masyarakat. Apalagi  diawal 2019 merupakan periode  yang sangat  tepat , iklim yang baik bagi  kita semua Instansi Pemerintahan  mulai resolusi kinerja  kalau 2018 evaluasi kinerja yang lebih baik sebelumnya.

Semangat perubahan ini hendaknya melandasi  jiwa dan perjuangan kita semua sebagai apatur Negara uuntuk semakin adaftif terhadap perubahan untuk selalu bekerja keras inovativ kreatif dan tetap sasaran dalam menjalankan program kerja pemerintah.

Demikian disampaikan  Menpan RB Syafruddin pada pertemuan dengan seluruh Kepala daerah wilayah 2 di Banjarmasin, Rabu (6/2)

Dalam kesempatan tersebut Kalsel berbangga mendapatkan Predikat SAKIP dengan predikat A dimana pada sebelumnya tahun 2017 mendapatkan predikat BB. Selain Kalsel, Jawa Timur juga mendapatkan predikit yang sama, yaitu terbaik pengelolaan SAKIP untuk wilayah 2 yang terdiri  dari DKI Jakarta, Bali, NTB, NTT,  Lampung dan Kalimantan Utara.

Ditambahkan Kemenpan Reformasi Birokrasi RI, Syafruddin dihadapan para undangan,  mengapresiasi  para kepala daerah yang mendorong dan mewujudkan pemerintahan yang baik berbasis kinerja.

Menurut dia, penerapan SAKIP merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya  inefisiensi anggaran serta mampu menciptakan kinerja berbasis hasil terbaik.
 “Selamat untuk Pemprov Kalsel dan Jawa Timur atas prestasi SAKIP  Kategori A untuk wilayah 2. Ini merupakan prestasi membanggakan sebagai wujud komitmen terukur mewujudkan pemerintahan yang  beroreantasi pada hasil kinerja,” terangnya.
 

Bagi provinsi lain yang belum meraih Kategori  A,  Syafruddin berharap untuk terus  berusaha mewujudkan sistem akuntabilitas kinerja pemerintahan yang lebih baik.

Sementarta itu Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan  capaian kinerja yang diimplementasikan Pemprov hingga berhasil meraih nilai SAKIP A merupakan kerja kolektif .

Menurutnya, koloborasi, soliditas dan semangat kerja gembira didukung partisipasi segenap komponen masyarakat adalah faktor utama pendorong prestasi pemprov.
Sahbirin berharap, perangkat kerja dan ASN di jajarannya untuk terus mempertahankan prestasi yang diraih dengan tetap memacu kinerja.

“Bagi kami.penghargaan SAKIP terbaik bukan tujuan  akhir. Tujuan utama adalah bagaimana implementasi SAKIP memberikan dampak positif bagi  peningkatan kesejahteraan rakyat ,” ucapnya.

Didampingi Sekdaprov H Abdul Haris, Paman Birin (sapaan akrab)  usai menerima penghargaan  kepada pers mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait, khususnya Kemenpan RB atas asistensi dan pembinaan dalam penyusunan SAKIP.

“Terima kasih juga kami ucapkan kepada para ulama,  pimpinan dan anggota legislatif, insan media dan lembaga profesi lainnya yang turut berjasa bagi pembangunan daerah,”  ucap gubernur (MP/ant)

Rate this article!
author

Author: