Kepulauan Riau Bertekad Menjadi Pusat Ekonomi Nasional

Tanjungpinang-Media Publik.net – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengajak masyarakat Kepulauan Riau (Kepri) untuk bersyukur diusianya yang ke 15 tahun,  kota mepesona ini memiliki  predikat pembangunan Indek Pembangunan Manusia (IPM) berada pada posisi ke empat secara  nasional, peringkat nomor satu di Kepulauan sumatera.

Capaian ini tidak lepas dari peran masyarakat yang sangat besar dalam menggalang kebersamaan , kekompakan untuk memajukan   pembangunan Kepri. Tanpa   itu   mustahil keinginan masyarakat untuk mengisi kehadiran provinsi ini bisa terwujud. Masyarakat ingin provinsi ini semakin baik dan semakin maju setiap waktunya, ujar  orang Nomor Satu di Kepri  disampaikannya saat memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau di Halaman Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Senin (25/9).

Tekad kita Kepri tetap  menjadi pusat ekonomi nasional meski diakuinya memang saat ini ada kelambanan  pergerakan ekonomi di masyarakat. Tetapi tidak harus bertumpu pada kemampuan satu daerah saja. Kabupaten kota memiliki potensi dan pesona sendiri. Kalau dikelola dengan baik, Nurdin yakin semuanya akan tumbuh baik bersama-sama. Apalagi tiap daerah saling menopang dan bersinergi  untuk bersama maju.

Nurdin mengajak semua pihak untuk berperan aktif bersama-sama meningkatkan IPM melalui peningkatkan layanan pendidikan dan kesehatan. Untuk pengelolaan SLTA yang kini sudah menjadi tanggung jawab pihak provinsi, Nurdin selalu menegaskan semuanya harus semakin baik ke depannya. “Supaya generasi  Kepri bisa bersaing dimana saja dan dalam level apa saja, mengingat  posisi Kepri yang strategis serta bersaing dengan negara tetangga,” kata Nurdin.

Dibidang Kesehatan. Nurdin meminta dimulai dari  Puskesmas hingga Rumah Sakit Umum Daerah dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Terhadap tindakan yang perlu penanganan cepat apalagi darurat, jangan sibuk harus menanyakan administrasi lagi, tapi segera lakukan penanganan.

Sementara itu Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak selaku Pimpinan sidang Paripurna dalam peringatan hari jadi Kepri ke-15  mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang berhadir.

Lebih lanjut dikatakan Jumaga  momentum hari jadi ini hendaknya  dijadikan semangat baru bagi seluruh masyarakat untuk terus  membangun Kepulauan Riau menjadi semakin baik kedepannya.

“Lima belas tahun silam merupakan momentum bersejarah bagi masyarakat Kepri yang mana berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 2002 yang merupakan landasan hukum kita untuk dapat menjalankan roda pemerintahannya sendiri, Berbagai penghargaan didapat Provinsi Kepri dalam Kiprahnya selama membangun daerah, meskipun begitu masih banyak tugas dan tanggungjawab yang harus diselesaikan bersama,” ujar Ketua DPRD tersebut.

Rentang waktu tersebut belumlah cukup untuk terus membangun daerah, perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan untuk bagaiman dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Kepada Pemerintah diharapkan untuk terus menggali peluang membangun sektor-sektor strategis yang ada agar dapat dikelola dengan maksimal, selain itu sektor maritim yang menjadi unggulan utama kepri juga wajib untuk terus di dorong, berbagai kebutuhan dasar masyarakat seperti air bersih, pangan, kesehatan dan pendidikan.

Infrastruktur juga perlu untuk menyatukan pulau-pulau yang ada di Kepri, tak lupa membangun ekonomi yang berbasis kemasyarakatkat dipandang perlu demi kelangsungan didaeah,” sambung Jumaga.

Hadir dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ini KapoldaKelri Irjen Sam Budigusdian, Danrem 033 WP Brigjen TNI Fachri, Danlantamal Tanjungpinang Laksamna Muda R Eko Suyatno, KabindaKepriBrigjen TNI Yulius Selvanus dan sejumlah FKPD. Hadir juga mantan Penjabat Gubernur Agung Mulyana, Ibu Hj Aisyah Sani, tokoh sentral perjuangan pembentukan Provinsi Kepri H Huzrin Hood, Ketua LAM Kepri H Abdul Razak, Sekdaprov H TS Arif Fadillah, Istri Gubernur Kepri Hj NoorlizahNurdiBasirun, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kepri H Rismarini Arif Fadillah, Wakil Ketua DPRD Husnizar Hood dan Amir Hakim(Aryuwanda Maulana)

banner 300x250