Launching Buku Sahang Kado Harijadi Banjarmasin 493

Banjarmasin, mediapublik.net

        Sebuah buku dan satu buah video berisi promosi tentang wisata di Kota Banjarmasin diluncurkan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, dalam kegiatan peringatan harijadi Kota Banjarmasin ke 493 tahun 2019.
        Buku karangan Mansyur, Mursalin, dan Wisnu Subroto, berjudul Sahang. Isinya mengulas tentang sejarah maritim dan pelayaran urang Banjar, dimana kalangan milenial lebih mengenal perdagangan jalur sutra, dibanding jalur rempah.
         Dalam buku tersebut dikatakan, jalur rempah memberi pengaruh kehidupan masyarakat Banjar masa kini. “Banjarmasin sebagai penghasil sahang (lada) sudah dikenal lama oleh dunia, puncaknya sekitar abad ke-17,” ujarnya, Selasa (24/09).
         H Ibnu Sina berharap, dengan diluncurkannya buku tersebut, seluruh lapisan masyarakat terutama generasi milenial Bumi Kayuh Baimbai mengerti bahwa terdapat keragaman pengalaman hidup pada masyarakat dan adanya cara pandang berbeda terhadap masa lampau untuk memahami masa kini dan membangun pengetahuan serta pemahaman di masa depan.
         Dalam kesempatan tersebut, Ibnu–Herman juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Kota Banjarmasin yang telah mendukung berbagai program dan kegiatan pemerintah kota.
         Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kota Banjarmasin yang telah mendukung dan menjaga stabilitas keamanan, dan kenyamanan di wilayah Kota Banjarmasin. “Kepada seluruh insan pers, baik media cetak maupun elektronik, terima kasih juga saya sampaikan atas dukungannya lewat pemberitaan yang berimbang. juga kepada seluruh masyarakat yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Banjarmasin,“ katanya.
         Kegiatan yang dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan istri, Forkopimda Kalsel, Forkopimda Kota Banjarmasin, anggota DPRD Kalsel dan anggota DPRD Kota Banjarmasin, Walikota periode sebelumnya Effendi Ritonga, H Muhidin, dan seluruh kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin itu itu juga dirangkai dengan tarian kolosal yang dimainkan sebayak 493 orang penari, dan peragaan busana sasirangan.
         Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyatakan turut bergembira menyaksikan kekompakan seluruh stakeholder hingga Banjarmasin bisa meraih banyak keberhasilan dalam pembangunan ibukota Provinsi Kalsel ini. “Banyak pembangunan yang berhasil di bidang pendidikan, kesehatan dan belasan penghargaan,” katanya.
          Ia berharap, Pemko Banjarmasin terus meningkatkan pembangunan kota, sebab Banjarmasin memiliki potensi untuk sejajar dengan kota-kota besar di Indonesia.
Dan diulangtahunnya yang ke 493, Paman Birin juga mengucapkan selamat dan harapannya di harijadi Kota Banjarmasin yang ke-493 ini.

         “Semoga seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat semakin kompak demi pembangunan Kota Banjarmasin ini, dengan mensyukuri eksistensi kota ini yang hampir lima abad. Semoga semakin berkah dalam segala aspek kehidupan,” terangnya.(MP/humpro-bjm/ Advertorial)

author

Author: