Majukan Pariwisata Libatkan POKDARWIS

Tabalong, mediapublik.net

Dinas Pariwisata Tabalong terus membenahi tujuan wisata yang memiliki nilai kedindahan melalui Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS).

  “Kelompok Sadar Wisata diaktifkan dengan harapan, untuk mendukung industri pariwisata dengan ekonomi kreatif. Saat ini terdata 12 kelompok sadar wisata yang membidangi kelompok kemah, kemudian dilanjutkan dengan peningkatan dan pengolahan pariwisatanya,” kata Kabid Pariwisata Disporapar Tabalong, Lilis Martadiana, akhir pekan tadi.

Dalam rangka mencapai tujuan penglolaan pariwisatanya harus melibatkan seluruh personil dari kelompok-kelompok itu minimal 20 orang tiap kelompok itu akan lebih baik bila mana mereka memiliki pasukan itu sampai 50 dan itu lebih baik lagi, ujar Lilis.

“Gerakan dan upaya untuk memajukan pariwisata di Tablong dengan membangun BTW masing-masing wilayah guna menjual hasil dari kerajinan tangan termasuk produk yang dijual ke luar seperti pernik-pernik khas Tabalong,” tuturnya.

Disisi lain, lanjut Lilis, dengan adanya bandara baru yang mulai dibuka untuk umum menambah perkembangan pariwisata daerah. “Karena akses makin terbuka,” katanya.

Lilis mengatakan, pihaknya mengencarkan Kemah Bhakti Wisata yang bertujuan untuk memperkokoh hubungan dan silaturrahmi sesama pengelola, petugas kebersihan dan Kelompok Sadar Wisata juga bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang arah dan tujuan pembangunan di bidang kepariwisataan daerah Kabupaten Tabalong.

Terutama dalam hal mengaplikasikan unsur tematik Sapta Pesona. Seperti senantiasa menjaga serta memelihara keamanan, kebersihan, ketertiban, kesejukan, keindahan, keramahtamahan dan ketenangan yang disampaikan melalui tulisan dengan pesan moral di lokasi wisata.

Diharapkan nantinya, , rumah pohon tersebut bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung wisata Goa Liang Kantin.”Kita ingin di wisata Goa Liang Kantin ini tahun 2019 ada perubahan yang signifikan. Seperti di tempat wisata Air Terjun Lano, Liang Tapah dan Karamu,”tegasnya.(Daus/Febry)

Rate this article!
author

Author: