Mantapkan Hari jadi Banjarmasin Di Pertemuan CSS

Banjarmasin, mediapublik.net

                Pemantapan Gelaran rangkaian kegiatan Hari Jadi Banjarmasin ke 493 yang jatuh Selasa 24 September 2019 terus dilakukan dengan koordinasi  inten keberbagai istitusi terkait.

                Event ini menjadi penting   bagi perkotaan/  Kabupaten karena  tidak berdiri sendiri ada infrastruktur yang harus disiapkan baik saluran limbah kemudian air limbahnya sendiri dan juga terkait dengan pengelolaan sampah sehingga isu-isu yang berkaitan dengan air minum air limbah persampahan kini menjadi kajian bagi bagi Kabupaten Kota yang ikut dalam  City Sanitation Summit (CSS) ke XlX tahun 2019, di Banjarmasin.

                Demikian disampaikan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dalam keterangan Persnya dihadapan sejumlah Wartawan  Rabu 11/9 di Rumah Anno  Banjarmasin.

Forum yang mempertemukan 492 anggota yang terdiri dari  Bupati dan Walikota se Indonesia dalam satu wadah APEKSI dan Aliansi Kota Kabupaten Peduli Sanitasi ( AKKOPSI ) ,  berharap acara ini bisa berlangsung dengan lancar,  sehingga berbagai macam kegiatan yang akan dilaksanakan di kota Banjarmasin berjalan lancar ujar Ibnu.

Kami nantinya menghadirkan empat Bupati dan Walikota untuk menjadi contoh untuk bisa menjadi study contoh  bagi Kabupaten Kota yang lainya. Selain itu juga dihadirkan mereka untuk sesi sharing dalam kegiatan CSS dan juga akan memberikan hadiah kepada kota-kota yang sudah peduli sanitasi

Josrizal Zain add,  Direktur APPOKSI mengatakan tentang sanitasi  dan air minum dibelahan Indonesia,  Banjarmasin merupakan salah satu percontohan Perusahaan Daerah Air Minum , SPAM air minum nya itu aksesnya termasuk nomor satu di Indonesia .

Jumlah pelanggannya  sekarang sudah capai sampai 99 % artinya seluruh masyarakat di Banjarmasin ini merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia begitu juga termasuk salah satu kota yang terletak di pinggir sungai yang bisa mengelola  sampah melalui  pengolah sampah serta penampungan sampah terpadu melalui  bank bank sampah

                Sementara Alwis Sekretaris AKKOPSI ditempat sama mengatakan  tantangan  Banjarmasin sebagai daerah yang berada di daerah rawan Kota Sungai, masalahnya sampah yang masuk ke Banjarmasin melalui sungai bisa dari hulu kabupaten tetangga dan itu  jadi persoalan  berat.

Menghadapi persoalan sanitasi dan air minum tentu menjadi persoalan bagi semua Walikota Bupati se Indonesia  karena nya untuk mengatasinya  maka hanya strong leadership yang bisa membenahi itu, itulah  sudut  pandangan kami

Tentang kedatangan peserta dalam CSS yang beranggotakan  492 Kabupaten kota , hebatnya sudah ada terkonfirmasi sekitar  50% semoga dalam  10 hari lagi bisa terkejar lagi  sekian ratus lagi mudah-mudahan para Bupati Walikota siap berhadir dalam acara puncaknya hari jadi Banjarmasin ke 493 tutur Alwis. (Zahir)

author

Author: