Papakin Mantaula Balangan Juara Tiga Kontes Durian

Paringin, (Media Publik.net))

Buah Papakin Mantaula asal Kabupaten Balangan, meraih juara ke tiga pada kontes pameran durian se-Kalsel yang diselenggarakan didesa Kiram Kabupaten Banjar (5/2/), Provinsi Kalimantan Selatan.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor dan Wakil Gubernur H Rudy Resnawan, beserta Bupati Balangan, H Ansharuddin langsung angkat jempol, tanda gembira, ketika buah lokal khas Kalimantan yang banyak terdapat di kabupaten berjuluk “Bumi Sanggam” tersebut diumumkan sebagai peraih juara ke tiga pada kontes pameran durian (duren).

 Kontes dan Pameran durian dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, menurut Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel, adalah sebagai wujud kepedulian pemerintah kepada produk unggulan di “Bumi Antasari”, julukan provinsi setempat.
 Paman Birin juga berharap ajang ini mampu memotivasi masyarakat dan pemerintah daerah agar selalu memelihara dan mengembangkan buah lokal yang berujung pada kesejahteraan rakyat.
“Semoga semangat dalam melestarikan dan mengembangkan buah-buahan lokal asli khas kita ini akan mampu menjadi daya tarik promosi daerah, sekaligus akan berimbas pada kesejahteraan rakyat kita semua,” ungkapnya.
 Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menyampaikan testimoni bahwa wajar kalau papakin asal Kabupaten Balangan keluar sebagai salah satu juara, “sebab rasanya enak, tebal dan baunya sangat khas,” ungkapnya sembari menikmati buah tersebut bersama Gubernur dan Wakil Gubernur serta undangan lainnya.
 Salah satu dewan juri Achmad Rafieq memaparkan bahwa penilaian kontes durian kali ini dinilai dari beberapa faktor yaitu rasa, ketebalan, aroma, warna dan tekstur.
Sementara itu, Bupati Balangan saat ditemui bersama Kepala Dinas Pertanian Balangan, Ir Tuhalus mengungkapkan kegembiraannya atas prestasi buah lokal “Bumi Sanggam” diajang kontes durian se Kalsel.
 H Ansharuddin berharap predikat juara ini dapat mendorong warganya tetap membudidayakan varietas ini dan dia berberjanji akan mengembangbiakan papakin mantaula ini di kebun raya Balangan.
“Ini bisa menjadi hal yang menjanjikan untuk di kembangkan, bisa jadi sebagai salah satu wisata agrowisata kelak di Balangan, kita akan kembangkan di kebun raya Balangan,” ujarnya.
 Kontes durian yang diikuti seluruh Kabupaten / Kota se Kalsel ini menampilkan ratusan varian jenis durian, termasuk papakin yang merupakan kelompok dari jenis buah durian. Acara berlangsung sangat meriah kendati diguyur gerimis.
 Dalam acara tersebut, peraih tiga besar diraih oleh kabupaten yang berada di wilayah hulu sungai, dimana sebagai juara pertama di raih oleh Kabupaten Tapin, Juara ke dua diraih Kabupaten Tabalong, dan Juara ke tiga diraih oleh Kabupaten Balangan.(Antara)
banner 300x250