banner 300x250

Sungai Kerokan Dipenuhi Pengunjung Saksikan Lomba Bajukung

Banjarmasin, mediapublik.net

Minimnya hiburan dan tempat bermain rakyat membuat bibir sungai Kerokan di Banjarmasin Barat Banjarmasin dipenuhi pengunjung  Jum,at (14/9)  pada lomba Bakayuh jukung yang diadakan oleh Pemko Banjarmasin melalaui Kecamatan Banjarmasin Barat.

Dibuka Waliota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan  kegiatan lomba adu cepat perahu tradisional di Sungai Kerokan, orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai ini menyatakan rasa bangganya terhadap penyelenggara kegiatan tersebut.

Dengan adanya lomba perahu tersebut diharapkan dapat menghidupkan kembali denyut nadi kehidupan sungai yang ada di kota ini. “Saya bangga sekali dengan kegiatan ini, terlebih dilaksanakan di Sungai Kerokan di Kecamatan Banjarmasin Barat. Dan ini sebagai bagian upaya menghidupkan budaya sungai kita, dan dalam rangka peringati harijadi Kota Banjarmasin ke 492,” katanya.

Mudahan, harap Ibnu, dengan adanya lomba perahu tradisional ini, selain bisa dijadikan modal untuk mencari bibit atlet olahraga dayung, juga sebagai hiburan bagi rakyat.

Wakil walikota Banjarmasin H. Hermansyah berpesan pada Camat Banjar Barat Hj. Karlina , kedepan pelaksanaan Bakayuh Bajukung  agar diagenda menjadi event  tahunan dengan peserta lebih banyak lagi, yang dilaksanakan hari sabtu minggu diacarakan supaya lebih panjang.

Lomba tanding bisa dikalukan berbagai kategori tunggal juga , peserta juga dari berbagai Kecamatan.  Acara ini  juga dimaksudkan untuk megugah rakyat agar lebih mencintai sungai. Olahraga ini juga murah biaya meriah, demi menyenangkan rakya t, semoga ini  kegiatan ini bisa terlaksana  dengan baik, ujar Herman.

Camat Banjarmasin  Barat Hj. Karlina yang didampingi Staf Edy mengatakan kegiatan lomba Bakayuh Jukung pertamakalinya diadakan di Banjarmasin dalam rangka memeriahkan harjadi Banjarmasin.

Ide ini muncul dari Aparatur Sipil negara (ASN)  Kecamatan Banjarmasin Barat,  telah memilih Sungai Kerokan sebagai lomba jukung dengan  pertimbangan  viewnya  yang indah dan baik. Selain itu tempat terindah dilain untuk santay bermain tidak ada maka  Japry  jam jamlah  lah yang dipilih.

Untuk Konsep wisata air arsitektur sebelumnya  memang sudah ada di wilayah japry  zam zam sudah   dibuat oleh Dinas Pariwisata Kalsel. Diharapkan  agar Dana APBN  kedepannya  bisa mewujudkan membangun kawasan ini  sebagai destinasi wisata air, ujar Camat Wanita ini.

Ditambahkannya yang mendesak dari tepian sungai  ini agar bisa termanfaatkan hendaknya kehadiran Pengelola sungai harus dikelola SKPD yang mempunyai tugas memelihara sungai  dibantu rakyat.  Saat ini dari kecamatan  kita sudah mulai meminta  SATGAS membersihkan sungai dengan kolaborasi bersama  rakyat swasta, Ujar Karlina .

 

Dandim Banjarmasin Barat Tandra  mengatakan event ini positif sesuai dengan program Walikota Banjarmasin bersih lingkungan sungai ,  kegiatan yang digadang oleh Kecamatan Banjar Barat  ini adalah suatu peningkatan  kearifan lokal yang bisa  meningkatkan menjadi wisata guna  memajukan Banjarmasin.

Dukungan institusi Koramil Banjarmasin Barat segala kegiatan di kecamatan ini dinilai positif sebagai wadah  anak muda , rakyat bisa mengaktualisasikan  membangun ketertiban keindahan lingkungan  kecamatan Banjarmasin  menjadi lebih baik ujar Tandra.  (Advertorial/ Daus)

 

 

banner 300x250