Tanah Laut Berpotesi Yang paling Maju di Kalsel

Pelaihari, Mediapublik.net-

Sekretaris Daerah Abdul Haris mangatakan  Kabupaten Tanah Laut mempunyai potensi besar untuk lebih maju dan berkembang bahkan dapat menjadi kabupaten yang paling maju di Kalimantan Selatan apabila potensi daerah ini dapat dimanfaatkan dengan baik.

Hal itu di ungkapkannya saat acara puncak peringatan hari jadi ke-54 Kabupaten Tanah laut  yang dihadiri sejumlah pejabat lingkup Pemprov Kalsel, di Lapangan Pertasi Kencana di Jala A Syairani Kota Pelaihari, kamis (5/2019).

                Kekayaan alam yang beraneka ragam di tanah laut menjadi modal dasar, modal besar dalam mempercepat Pembangunan Daerah,  tidak hanya dengan pertambangan tetapi juga memiliki sumber daya  di sektor perkebunan, pertanian, peternakan, serta sektor perikanan dan kelautan. kesemuanya berpotensi untuk dikembangkan menjadi sektor andalan bagi pembangunan di tanah laut atau tidak, Ini tergantung dari kemampuan pemerintah daerah dan masyarakat.”

Ia melanjutkan, perjalanan 54 tahun dalam pemerintahan bukan perjalanan yang singkat dan sebentar, dalam kurun waktu lebih setengah abad itu pasti ada banyak rintangan dan tantangan yang dihadapi untuk mencapai impian yang ingin dicapai di masa depan.

Melalui kegiatan yang di lakukan seperti sosialisasi aktif, dapat mengatasi persoalan dan tantangan yang ada, serta di perlukan kerja sama yang baik dari pemerintah dan masyarakat.

Persoalan dan tantangan yang harus diatasi dalam penyelenggaraan otonomi daerah. persoalan dan tantangan pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten atau kota.  terkait dengan tingginya usia kawin muda, rata-rata lama sekolah, masalah stunting dan sektor kesehatan lainnya termasuk tantangan bagi kita untuk membangun sumber daya manusia unggul.”

Tema hari jadi ke-54 tahun kabupaten tanah laut adalah “Cangkal Beusaha Rakyat Sejahtera  yang dinilai sejalan dengan kondisi didaerahnya sekarang ini” ucap Bupati Tanah Laut H Sukamta.

Sukamta berharap, melalui visi pembangunan Kabupaten Tanah Laut  2018-2023,  Berinteraksi,  Berkarya, Inovasi, Tertata, Religius, Aktual dan Sinergi, dapat  memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Untuk mewujudkan visi tersebut, Pemkab Tanah Laut tidak bisa berjalan sendiri dalam membangun daerah,”ucapnya.

Beliau menghimbau untuk bersama membulatkan tekad untuk terus bergerak maju dalam membangun daerah secara berkesinambungan dan berkelanjutan dengan peringatan hari jadi ke-54 dapat berbuat sesuatu yang baik untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyatnya, jelas Sukamta. (Rahmah)

author

Author: