Targetkan Pembangunan TPS Tercukupi

Banjarmasin, mediapublik.net

                Peningkatan sampah dipenghujung tahun 2018 menjadi sorotan warga. Disetiap sudut kota hampir setiap hari terjadi penumpukan sampah diantaranya  sampah pelastik.

                Dari catatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Pemko. Banjarmasin Drs. H. Mukhyar, M.AP  potensi sampah sejumlah 800 ton  perhari tersebar dibeberapa titik pengumpulan sampah yang diambil oleh Petugas mobil sampah dari jam 06.00 – 08.00 – 10.00.

                 Membesarnya penumpukan  sampah ini di akibatkan  dari bertambahnya jumlah penduduk, bertambahnya sampah dari buah seiring musim buah banyak  penduduk yang mengkonsumsi buah durian, rambutan tiwadak dan lainnya.

 Ini  menjadi problema ketika  sampah itu  melebihi kapasitas daya tampung dibeberapa titik area penampungan  sampah , dimana  sarana, fasilitas dan  petugas dalam jumlah yang terbatas. Apalagi ketika armada mobil pengangkut sampah rusak tentu akan ada sampah yang tak terangkut.

Kedepan mengatasi sampah agar bisa terkoordinir dengan baik maka Pemko akan mengupayakan pembangunan Tempat Pembuangan Sampah disetiap kelurahan yang idealnya tercukupi untuk Banjarmasin mencapai  52 buah. Kini yang sudah terbangun 2018 di jalan HKSN, jelas Mukhyar.

Menggembirakan menutup tahun 2018 dari penerimaan Pendapatan penanganan sampah ini DLH melebihi target Rp 14 milyar menjadi Rp 14,700.000.000 (14 milyar 700  juta ), bahkan  Dinas ini bisa mengembalikan uang ke kas daerah atas hasil penghematan pengeluaran biaya operasional. (MP)  

Rate this article!
author

Author: