Pj. Bupati Tala Syamsir : Aparat Penegak Hukum segera ambil tindakan”, tegas Atas Penambangan Ilegal melalui Ambil Sampel Intan

mediapublik.net, Bati-Bati-Tala

Pj Bupati Tanah Laut (Tala) H Syamsir Rahman bersama Kadistanhorbun M Faried Widyatmoko, Kasatpol PP&Damkar M Kusri dan Camat Bati-Bati Ade Gumilar melakukan peninjauan lokasi penambangan berlian tanpa izin di wilayah Dusun II Desa Banyu Irang, Kecamatan Bati-Bati, Selasa (10/9/2024).
Kendati masih dalam proses pengambilan sampel oleh pihak penambang, Syamsir menegaskan bahwa kegiatan tersebut termasuk ilegal karena belum ada izin resmi.
“Kalau surat izin belum keluar, tidak boleh ada operasional. Kalau ambil sampel tidak begini caranya, lingkungan hancur. Aparat Penegak Hukum (APH) saya minta segera ambil tindakan”, tegas Syamsir.
Selanjutnya Syamsir kembali menegaskan dirinya akan selalu mengutamakan masyarakat, terlebih para petani sebagai pahlawan sektor pangan.
“Disini ada lahan pertanian yang memerlukan air, sekarang akses airnya ditutup oleh pihak penambang. Saya tidak ingin ada saluran air pertanian yang rusak. Saya tetap mempertahankan sesuai amanat pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, pangan nomor satu, petani kita harus tetap bisa berusaha”, imbuhnya.
Syamsir juga menyatakan dirinya tidak anti terhadap investor. Ia ingin setiap investor yang ingin berbisnis di Tala harus mematuhi aturan yang berlaku.
“Investor boleh masuk, tapi harus sesuai aturan dan sesuai penataan lingkungan, bukan sewenang-wenang, izin harus ada”, tutupnya. (MP/Prokopim)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *