Jelang Hari Jadi Tanah Laut, Gekrafs Gelar Lomba Desain Motif Sasirangan

Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Kabupaten Tanah Laut (Tala) menggelar lomba desain motif sasirangan di Dekranasda Tala pada Sabtu (21/09/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Tala, H. Syamsir Rahman saat membuka kegiatan memberikan apresiasi kepada Gekrafs Tala yang telah melaksanakan lomba desain motif sasirangan dalam rangka Hari Jadi ke-59 Tala.

“Kabupaten Tanah Laut terus berkomitmen untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal termasuk bidang seni kain sasirangan sebagai salah satu warisan budaya yang patut kita banggakan,” kata Pj Bupati.

Selanjutnya Syamsir berharap kegiatan ini dapat menginspirasi generasi muda untuk lebih mencintai budaya kita sendiri dan terus berinovasi tanpa melupakan akar tradisi.

“Kita berharap lomba ini sebagai wadah mengapresiasi bakat-bakat kreatif dari masyarakat, dengan mengangkat motif-motif baru yang modern namun tetap berakar pada kearifan lokal. Kita berharap kain sasirangan tidak hanya dikenal di Kalimantan Selatan, tetapi juga dapat mengharumkan nama Tanah Laut di tingkat nasional bahkan internasional,” lanjut Syamsir.

Lomba desain motif sasirangan diikuti oleh 21 pengrajin asal Tala dan keluar sebagai juara pertama yakni motif Lembayung Negeri Bumi Tuntung Pandang. (MP/Diskominfo Tala).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *