oleh

270 hektar berhasil panen

mediapublik.net, Kintap-Tala

Desa Mekar Sari gelar panen raya padi pertama di tahun 2020. Secara simbolis Bupati H. Sukamta melakukan panen padi bersama Plt. Dinas Ketahanan Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Tanah Laut, Camat Kintap, Kepala Teknik Tambang PT. Arutmin Indonesia Kintap, dan Kepala Desa Mekar Sari di salah satu area sawah pada Rabu (17/06).

Kepala Desa Mekar Sari, Witono, menyebutkan dari 300 hektar lahan sawah yang ada, 270 diantaranya berhasil panen. Satu hektarnya menghasilkan 5,5 ton beras.

Ia juga menjelaskan bahwa keberhasilan itu tidak terlepas dari bantuan pemerintah berupa bibit, pupuk, dan sarana alat yang mempercepat proses panen serta peran PPL Pertanian yang selalu aktif membina dan menberikan penyuluhan kepada para petani.

Hasil panen disampaikan Witono saat ini masih sebagai ketahanan pangan. Namun dalam waktu dekat pihaknya juga akan mencoba memproduksi dalam bentuk kemasan sekaligus didistribusikan ke luar desa.

Camat Kintap Eko Trianto turut senang dengan keberhasilan petani Desa Mekar Sari dalam panen kali ini. Ia berharap semangat petani Desa Mekar Sari dapat menjadi motivasi bagi desa lain untuk mengembangkan usaha sesuai dengan potensi desanya masing masing.

Bupati H. Sukamta pun turut mengapresiasi atas keberhasilan panen di Desa Mekar Sari. Meskipun ketahanan pangan Desa Mekar Sari diakui telah sukses, Bupati tetap mengingatkan agar masyarakat dapat terus menjaga kesehatan terutama di masa pandemi Covid-19.

Bupati turut menghimbau agar masyarakat tetap menjalankan anjuran pemerintah dan segera periksa jika memiliki gejala Covid-19, karena semakin cepat dideteksi, maka semakin cepat disembuhkan. (MP/Diskominfo Tala)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.