oleh

98,06% Rakyat Tanah Laut terdaftar dalam JKN

mediapublik.net, Pelaihari

Dalam rangka memperingati Hari jadi ke-55 Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan, dengan tema “Rakat Mufakat Tanah Laut Sehat”Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), menggelar Rapat Paripurna di Gedung DPRD Komplek perkantoran di jl. A. Syairani Kec. Pelaihari, Rabu, kemarin

Pembacaan puisi dari Forum Literasi Senja Tanah Laut menjadi penampilan pembuka sebelum Rapat Paripurna DPRD Tanah Laut yang ke 55 ini di mulai.

Rapat Paripurna dipimpin ketua DPRD  Tanah Laut Muslimin, dihadiri juga Bupati Tanah Laut Sukamta dan wakilnya, serta para jajaran Forkopimda.

Dalam kesempatan itu, Sukamta menguraikan Visi dan misi serta RPJMD maupun capaian kinerja kepemimpinannya bersama wakil Bupati Abdi Rahman selama menjabat.

” Alhamamdulillah tadi kita sudah menyampaikan kemajuan. Bahwa kita dari segi ekonomi kita tumbuh positif, artinya bahwa kita di tengah pandemi covid19 dimana di beberapa daerah ekonominya runtuh bahkan pertumbuhannya minus minus. Tanah Laut kita bisa tetap tumbuh positif 3,5%. Memang ini agak rendah dari tahun tadi, tapi ini wajar karena adanya pandemi  covid19.”

Yang kedua berhasil mengendalikan covid19 dengan tingkat kesembuhan 93% dari 1.241 kasus, dengan angka kematian 2,5%.

Kemudian kita mendorong dari segi produksi kita, perkebunan kemudian pertanian. Bahkan harga perkebunan kita justru meningkat. Karet sudah diangka Rp8.000, harga sawit sudah mencapai Rp1.500 per kilogram. Sehingga petani kita sebagian besar betul-betul bisa menikmati usahanya.Harga gabah kita juga cukup tinggi sehingga inilah yang mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sementara  di bidang  kesehatan sudah bisa menjamin hampir seluruh warga masyarakat tanah laut sudah terdaftar di JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). 98,06% rakyat tanah laut sekitar 345.000an, jadi masih ada 5.600 lagi yang belum terdaftar kedalamJaminan Kesehatan Nasional (JKN) , sehingga ini akan mempermudah pelayanan pada masyarakat kita di Tanah Laut.

Dari 7 program semua tadi sudah saya laporkan semua progres kita sangat baik. Kita berhasil mengambil infrastuktur kita, jalan kita, kita bisa membangun 35km lebih.Kemudian kunjungan PSC kita, yang juga sudah lebih dari 1800 kunjungan dokter grtis kepada masyarakat.”

Sukamta juga berharap di hari jadi Tanah Laut yang ke 55 di tengah pandemi ini, agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, dan tetap semangat bekerja keras membangun Tanah lalut.(Rahmah)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed