Aktivis Lingkungan Siap Bertarung jadi Ketua KNPI Tala

mediapublik.net, Pelaihari

Kondisi kepemudaan di Tanah Laut yang berjalan beberapa tahun belakangan ini dinilai oleh banyak kalangan mengalami kemunduran baik secara kelembagaan maupun pembinaan, terlebih hantaman pandemi covid yang membatasi aktivitas organisasi menjadikan pembinaan kepemudaan di Tanah Laut mengalami ketersendatan.

Generasi muda yang diharapkan muncul membawa inovasi dan perubahan lebih baik diperlukan terobosan baru agar kaum muda di Tanah Laut dapat bersaing di kancah yang lebih tinggi.

Aktivitas organisasi kepemudaan yang seolah lepas dari rel dan seolah berjalan auto pilot menjadi kekhawatiran para aktivis kepemudaan di Tala, begitupun marwah organisasi pemuda yang banyak menjadi underbow organisasi politik sehingga gerak langkahnya lebih sebagai pemain politik praktis.

Eka Prasetya Aneba, yang juga ketua Yayasan Nayaka, organisasi yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan kehutanan di Kalimantan Selatan, tergerak untuk menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk kemajuan pemuda di Tanah Laut.

Dengan latar belakang sebagai Pemuda Pelopor Nasional Bidang Bahari di tahun 2010, dan sempat dua periode menjadi pengurus DPD KNPI Tala, Ia saat ini konsern sebagai aktivis lingkungan dan kehutanan, pembicara di beberapa forum dialog baik daerah maupun nasional, aktif di Forum Koordinasi Komunitas Peduli Sungai Kalimantan Selatan, Forum Flora Fauna Kalimantan Selatan, Forum Komunitas Hijau dan PUPR Kalimantan Selatan, Forum Kolaborasi Kawasan Ekosistem Esensial Kab. Tanah Laut.

Di tingkat nasional Ia juga berkiprah sebagai salah satu inisiator berdirinya Saka Kominfo, Satuan Karya Pramuka yang bergerak di bidang komunikasi dan informasi. Ia juga pencetus terlaksananya Jambore On The Air Digital yang menjembatani komunikasi seluruh anggota Gerakan Pramuka di Indonesia dan beberapa negara Asia Pasifik yang tergabung dalam APR Scout melalui siaran radio digital. Saat ini aktif sebagai penulis di beberapa media daerah dan nasional dalam jejaring Earth Network Journalist.

Dengan modal tersebut Eka merasa mantap optimis untuk maju siap membawa KNPI Tala yang lebih maju.(***)

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed