oleh

Banjir di 4 Kecamatan Tala Rendam 1.858 Rumah Warga

Mediapublik.net, Bati-Bati-Tala

Curah hujan yang cukup deras menyebabkan 1.858 rumah warga di Kecamatan Bati-bati, Kecamatan Bumi Makmur, Kecamatan Kurau dan Kecamatan Tambang Ulang terendam banjir.

Minggu (10/1) Wakil Bupati Tanah Laut (Tala) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tala, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tala, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tala, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tala, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tala dan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tala meninjau langsung lokasi bencana banjir yang cukup banyak menelan kerugian warga di empat kecamatan tersebut.

Menurut Abdi, pihaknya sudah menyiapkan bantuan sembako melalui dinas terkait dan beberapa pihak perusahaan, posko penanggulangan bencana , posko kesehatan dan dapur umum untuk mengakomodir konsumsi warga terdampak bencana alam tersebut.

“Hari ini secara resmi status Tanggap Siaga Bencana Banjir di Tala kami cabut dan dinaikkan menjadi Tanggap Darurat Bencana Banjir, kita siapkan beberapa posko pendukung agar bantuan kesehatan dan kebutuhan makanan dapat ditangani secara cepat yang intinya adalah memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa pemerintah daerah dalam kondisi saat sekarang ada ditengah-tengah mereka”, ucap Abdi.

Dirinya juga mengimbau kepada warga terdampak agar selalu menjaga kesehatan dan tetap melaksanakan protokol kesehatan walaupun sedang pada posisi terdampak banjir.

“Hal ini juga berlaku untuk para petugas dan relawan di lapangan, seperti yang kita ketahui pandemi Covid-19 masih belum berakhir bahkan angkanya terus meningkat belakangan ini, harapan kita bersama pada kondisi saat ini tentu kita ingin agar tidak ada lagi klaster-klaster baru misalnya klaster bencana banjir”, harap Abdi

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Tala M. Kusri menyebutkan pada Kecamatan Bati-bati ada lima desa yang terdampak yakni Desa Padang, Desa Benua  Raya, Desa Nusa Indah, Desa Pandahan dan Desa Bati-bati, pada Kecamatan Tambang Ulang ada dua desa yakni Desa Kayu Abang dan Desa Gunung Raja, lalu pada Kecamatan Kurau ada empat desa yakni Desa Kali Besar, Desa Handil Negara, Desa Kurau dan Desa Padang Luas serta pada Kecamatan Bumi Makmur ada tiga desa terdampak yakni Desa Handil Birayang Bawah, Desa Sungai Rasau, Desa Bumi Harapan.

Kusri menambahkan untuk data sementara yang dihimpun BPBD Kabupaten Tala, jumlah rumah terendam keseluruhan dari empat kecamatan tersebut sebanyak 1.858 Buah Rumah, Kepala Keluarga terdampak di empat kecamatan tersebut sejumlah 1.909 Kepala Keluarga dan 4.095 Jiwa.(MP/Humas)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed