oleh

BAPPENAS – KEMENKOPUKM Respon Rencana Pendirian Pabrik Karet di Tala

mediapublik.net, Pelaihari

Rencana Kabupaten Tanah Laut (Tala) memiliki Pabrik Karet di Desa Ambawang Kecamatan Batu Ampar mendapat respon dari Pemerintah Pusat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkopukm) Republik Indonesia (RI) dengan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Tala dalam rangka Pengelolaan Terpadu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada Rabu (8/6/2022).

Bupati Tala yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Akhmad Hairin mengatakan ini agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna mewujudkan rencana Tala soal pabrik karet.

“Program pemerintah pusat melalui Bappenas dan Kemenkopukm ini menjadi bentuk dukungan terutama bagi Koperasi Bahan Olah Karet (Bokar) Desa Ambawang yang akan menjadi pengelola pabrik tersebut nantinya. Jadi, silakan SKPD terkait beberkan potensi karet hingga kendala yang dimiliki termasuk soal pengolahan karet kepada tim pemerintah pusat,” ucap Hairin.

Hairin melanjutkan, bahwa memang perlu adanya pembenahan fasilitas pendukung. Kendati demikian, Tala telah dan terus akan berupaya memaksimalkan segala kekuatan yang ada.

“Melalui Dinas Perhubungan (Dishub) kita sudah melakukan uji coba pengangkutan lewat pelabuhan. Administrasi dari koperasi yang ada juga terbilang mapan, operasional berjalan dengan baik, soal kewilayahan pun dari camat dan kepala desa memberikan respon positif, hingga lintas SKPD juga mendukung,” lanjutnya.

Koordinator Pengembangan UKM dan Koperasi Bappenas RI, Ely Dinayanti juga turut menekankan soal keterlibatan berbagai pihak dalam program ini. Menurutnya, memang perlu campur tangan semua pihak terkait untuk mensukseskan pelaksanaannya.

“Namanya juga Program Pengelolaan Terpadu, artinya perlu keterpaduan seluruh pihak baik SKPD hingga kementerian untuk mengeroyok satu komoditi,” ujarnya.

Direncanakan, kunker tim Pemerintah Pusat ini berlangsung hingga Kamis (9/6/2022) dengan salah satu agendanya meninjau langsung rencana lokasi pabrik pengolahan karet di Desa Ambawang.

Turut berhadir perwakilan Bappeda dan Diskopukm Kalsel, Kepala SKPD Lingkup Pemkab Tala, Camat Batu Ampar serta Kepala Desa Ambawang dan Damit. (mp/Diskominfo Tala)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.