oleh

BI Sosialisasikan Uang Melalui Susur Sungai Banjarmasin Amuntai

Banjarmasin, mediapublik.net

                Dihari Ulang Tahun ke 66 Bank Indonesia  Wilayah Kalimantan  ditandai dengan kegiatan Pelepasan Tim Sosialisasi Uang rupiah melalui Susur Sungai yang  dmulai dari Banjarmsin sampai ke Amuntai.  Pelepasan  Tim itu sendiri  ditandai  dengan pengguntingan bunga ditepian Dermaga Mini Pelangi  Siring Sungai Martapura Banjarmasin, Senin (1/7).

                Kepala Bank Indonesia (BI)  Herawanto   dalam kesempatan tersebut mengatakan  ini  adalah suatu kegiatan yang sangat baik  dilakukan bertepatan hari lahirnya bangsa Indonesia yang ke-66  secara positif  yang langsung berdampak kepada masyarakat.

Salah satu bagian dari tugas utama Bank Indonesia di daerah termasuk di Kalimantan Selatan yaitu mendistribusikan uang ke seluruh pelosok untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan uang tunai.

Pemilihan waktunya sekarang ini, pertama  karena kita tahu bahwa kita baru saja  menjalani bulan Ramadhan dan hari raya dimana peredaran uang pada  waktu itu relatif meningkat dan ketika peredaran uang meningkat maka uang yang sudah waktunya kita Tarik kembali karena sifat lusuhnya yang menjadi tidak layak untuk edar.

Kedua adalah bahwa akan ada sosialisasi baik itu yang dari sisi uang tunai bagaimana mengenali ciri-ciri keaslian uang rupiah dan juga sosialisasi terkait dengan sistem pembayaran nontunai Indonesia harus menuju ekonomi digital itu salah satu syaratnya adalah sistem pembayaran nontunai yang semakin memasyarakat nya.

Sosialisasi  yang dilaksanakan sendiri  focus pada  2 topik yaitu sistem pembayaran tunai, bagaimana ciri keaslian uang rupiah & penukaran uang lusus serta  nontunai dengan instrumen instrumen dan lainnya,tutur Herawanto.

Sementara untuk perjalanan menyusuri sungai itu sendiri dalam lintasan kegiatan sosialisasi memakan waktu lima hari yang dimulai dari Dermaga Mini Pelangi Siring Sungai Marapura Banjarmasin menuju Marabahan. Selanjutnya diteruskan ke Margasari  Rantau sampai titik akhir kota Amuntai Kabupaten Hulu sungai Utara.

Adapun pecahan uang tunai yang disediakan  diangkut oleh 2 Klotok (red.Kapal Motor) sejumlah Rp 2,7 Milyar demi pengamanannya dikawal ketat oleh Satuan Pengaman Polisi Banjarmasin. (Daus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.