oleh

Bupati inginkan seluruh peserta FGD dapat memahami RKPD 2023

mediapublik.net, Pelaihari

Dalam Rangka Penyusunan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tala Tahun 2023.  Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tala menggelar Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Indikator Kinerja.

Diikuti oleh seluruh Kepala Sub Bagian Perencanaan dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Tala, serta sekretaris dan lurah dari lima kelurahan se Kabupaten Tala, secara resmi dibuka oleh Bupati Tala H. M. Sukamta Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tala kemarin.

Kepala Bappeda Tala, Andris Evony dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi rancangan awal RKPD 2023. Beberapa agenda yang dilaksanakan diantaranya penyamaan persepsi penyusunan indikator kinerja dari setiap SKPD, peningkatan kemampuan aparatur perencanaan, dan peningkatan pengetahuan aparatur perencanaan dari setiap SKPD tentang Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

“Semoga setelah FGD ada peningkatan pelaksanaan SKPD terhadap Renja (Rencana Kerja) masing masing SKPD yang dapat diakumulasikan menjadi RKPD 2023,” ujar Andris.

Lebih lanjut, Bupati Tala H. M. Sukamta dalam sambutannya menyebutkan bahwa RKPD yang merupakan dokumen perencanaan daerah untuk periode satu tahun ini menjadi rancangan terakhir dari masa bakti Bupati dan Wakil Bupati Periode 2018 -2023.

Bupati  juga menyebutkan bahwa para peserta FGD merupakan pejabat yang menjadi ujung tombak dari penyusunan indikator perencanaan untuk keberhasilan pembangunan daerah.

“Perencanaan yang baik itu sudah 50 persen keberhasilan. Pembangunan akan berhasil dengan baik ketika rencanakan dengan baik. Perencanaan yang baik, bisa terukur dalam indikator, sehingga semua orang bisa mengawasi, apakah penyelenggaraan pembangunan betul-betul terpenuhi,” ujarnya.

Bupati menginginkan agar seluruh peserta yang hadir dapat memahami perancangan RKPD 2023 dengan benar, mulai dari biaya, target pencapaian, sampai dengan penelusuran daya dorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dari kegiatan yang akan dilaksanakan. “Jangan sampai terjadi pemborosan uang negara,” pesan bupati.

Setelah penyampaian materi dari Bupati Tala, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi secara virtual bersama narasumber yaitu Sub Koordinator Informasi Pembangunan Daerah Ditjen Bangda Kementerian Dalam Negeri Yudi Timor Bimo Prakoso. (MP/Diskominfo Tala).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.