oleh

Bupati lepaskan 33 ribu benih iwak haruan

mediapublik.net, Pelaihari

Salah satu upaya  mengendalikan penyebab inflasi terbesar di Kalimantan Selatan (Kalsel),  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel melalui Dinas Kelautan dan Perikanan  (Dislakan) memberikan benih ikan gabus atau yang akrab dikenal iwak haruan untuk ditebar di wilayah Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Ini  disampaikan Bupati Tala HM Sukamta saat menghadiri Acara Penebaran Benih Ikan Gabus pada Kamis (15/4) pagi di Kawasan Danau Bom Kelurahan Pelaihari.

“Ada 33 ribu benih iwak haruan yang akan ditebar di dua tempat yaitu di Kawasan Danau Bom sebanyak 15 ribu benih dan Desa Sarikandi Kecamatan Kurau sebanyak 18 ribu benih”, ucap Kamta.

Dengan ditebarnya benih tersebut, orang nomor satu di Kabupaten Tala ini berharap agar inflasi iwak haruan di Kabupaten Tala dapat terkendali sehingga harga beli iwak haruan tidak terlampau tinggi.

“Selera kita sudah sangat familiar dengan iwak haruan, selain memiliki banyak manfaat iwak haruan juga memiliki rasa yang nikmat dan berkaitan erat dengan beberapa menu makanan khas Kalsel, jangan sampai kedepannya iwak haruan menjadi lauk yang langka, inilah upaya kita dalam melestarikan keberadaan iwak haruan di Kabupaten Tala”, ujarnya

Meunjun (red. Mancing) adalah cara paling aman mengambil ikan, daripada mengaliri listrik (strum). Mari kita saling menjaga dan saling mengingatkan agar kelestarian iwak (red ikan) haruan dan jenis ikan sungai lainnya dapat terus kita nikmati manfaat, rasa dan sisitannya”, ucap kamta.

Benih ikan tersebut ditebar oleh Sukamta bersama Kepala Dislakan Provinsi Kalsel yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh DR Hariyadi Noor, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Tala Rizayadi serta Lurah Pelaihari M. Hidayatullah. (MP/Prokopim)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.