oleh

Dewan Adat Dayak harus menjadi organisasi yang kuat

mediapublik.net, Banjarbaru

Presiden Masyarakat Adat Dayak Nasional (MADN) Martin Billa yang diwakili  Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Yakobus Kumis, SH melantik jajaran pengurus Dewan Adat Dayak Kalimantan Selatan (DAD Kalsel) masa bakti 2022-2027, di Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Sabtu (13/8).

Kepada Sejumlah Wartawan Yokubus Kumis, SH  mengatakan sangat berharap kepada DAD Kalsel yang baru dilantik pertama minta DAD harus menjadi organisasi yang kuat, untuk itu diperlukan persatuan dan kesatuan sinergitas dengan Pengurus, jangan diantara pengrus saling menjatuhkan tapi mari galang persatuan dan kesatuan DAD Provinsi, Daerah dan Kecamatan.

Kedua keberhasilan apapun yang menentukan adalah silaturahmi. Jalin hubungan komunikasi yang baik dengan seluruh Instansi Pemerintah , TNI, POLRI, dengan semua etnis bangsa, Pimpinan ormas  dirangkul dalam rangka mencari solusi semua persoalan, masalah yang ada di Kalsel untuk dipecahkan secara bersama, supaya rakyat  damai dalam membangun lingkungan,aman , damai sejatera.

Ketiga MADN DAD tetap tegas mengawal keberadaan Pancasila, kebhinekaan, NKRI. Kenapa itulah pegangan kita satu satunya untuk tetap dipertahankan.

Ditempat sama Ketua DAD Kalsel periode 2022 -2027 Abdul Kadir mengucapkan terimakasih dan bangga kepada DAD Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur  yang sudah datag menghadiri acara pelantikan ini .

Perjuangan yang dilakukan oleh DAD selama ini adalah perjuangan untuk rakyat  dengan membangkitkan masyarakat adat  sambil mewanti wanti agar tahu diri dalam menjalankan kegiatan kemasyarakatan.

Lambaga DAD adalah Lembaga sosial bukan Lembaga politik. Untuk di Kalsel semua kepengurusan dan anggota saya rangkul Bersatu dalam membangun banua, ujar Kadir.

Dalam program kerjanya Ketua DAD yang miliki jenggot Panjang ini berharap agar terbangun Balai Adat DAD Kalsel, karena di balai inilah kita menggalang Persatuan untuk bersama sama melakukan kegiatan membangun  Banua Kalimantan Selatan.

Sementara itu ditempat sama Gubernur Kalsel yang diwakili Staf ahli  Sulkan, SH mengatakan keeradaan DAD mampu berhikmad lebih baik dalam memelihara adat Dayak ditengah perkembangan dunia yang semakin cepat dan canggih sekaligus memelihara persatuan dan kesatuan persaudaraan dengan baik dalam persatuan Indonesia.

Adanya DAD Kalsel pemerintah Kalsel banyak  berharap peran aktifnya dalam memelihara kebhinekaan persatuan bangsa Indonesia, ujar Sulkan.(MP/ Zahir)

.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.