oleh

Di Harganas Ke- 29, Bupati Targetkan Stunting dibawah 14%

mediapublik.net, Pelaihari

Bupati Tanah Laut (Tala) H. M. Sukamta menyampaikan ditahun 2024 mentargetkan stunting berada dibawah angka 14%, saat ini Tala berada diangka 30% sehingga dua tahun kedepan perlu kerja keras untuk menurunkan stunting.

Hal demikian Ia sampaikan pada acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke- 29 Tahun 2022, yang digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Tala depan kantor halaman DP2KBP3A Tala, Selasa(05/07/22).

“Untuk memperkuat pelaksanaannya disusun Rencana Aksi Nasional (RAN) Percepatan Penurunan Angka Stunting Indonesia tahun 2022-2024 (RAN PASTI) yang dituangkan dalam peraturan kepala badan kependudukan dan keluarga berencana nasional (Perban) nomor 12 tahun 2021 tetantang RAN PASTI 2021-2024, jadi dalam momentum Harganas ke- 29 ini haruslah jadi daya ungkit kita atau momentum kita untuk melakukan upaya upaya keras dalam penurunan stunting di Bumi tuntung Pandang” Kata Sukamta.

Kepala DP2KBP3A Tala Nor Hidayat menyampaikan dalam peringatan Harganas ke-29 DP2KBP3A Tala selain melaksanakan secara seremonial juga mengelar beberapa pelayanan menyambutnya hari Harganans dengan menggelar pemasangan implan pada masyarakat dan mengikuti lomba tingkat provinsi, seperti bina keluarga remaja dan Desa Bumi Jaya berhasil menempati juara ke dua, kemuadian Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) tingkat SMP dan PIK R SMPN-1 juara satu, PIK R tingkat SMA dan SMAN-1 menjadi juara dua tingkat provinsi.

“Kegitan ini kita rancang sedemikian rupa untuk menghadirkan keakbaran, sebenarnya kami menginginkan semua kader dapat berhadir, namun karena keterbatasan kita hanya memilih 15 kader per kecamatan, selian itu juga ada pelayanan pemasangan implan yang diikuti 50 peserta dan melaksanakan aksi donor darah yang berkolaborasi dengan PMI Tala dengan menghadirkan mobil unit donor darah” Kata Nor Hidayat

Ia juga melaporkan bahwa verifikasi dan validasi (verval) Pendataan Keluarga 2021 (PK21) sudah selesai dan diharapkan hasil verval PK21 sudah bisa dirilis.

Pada kesempatan yang sama Bupati membagikan berbagai penghargaan kepada siswa, para kader berprestasi, melaksanakan aksi donor darah di mobil unit donor darah PMI Tala dan dilanjutkan meninjau pemasangan Implan KB yang diikuti sebanyak 50 Peserta.

Peserta Harganas dihadiri oleh Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) Tala dan SUB PPKBD Tala yang terdiri dari 15 Kader perkecamatan, dan Penyuluh Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Tala.

Turut berhadir unsur Forkopimda Tala, perwakilan sekretaris BKkbn Kalimantan Selatan, Ketua Gow Tala, Kepala SKPD lingkup Pemkab Tala. (MP/Diskominfo Tala).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.