oleh

H Nurdin : Bangkitkan semangat Gotong Royong melalui bersihkan pemakaman

 

mediapublik.net, Pelaihari

Memakai baju kaos  putih  lengan panjang H Muhammad Noor yang dikenal dengan sebutan H Nurdin didampingi Ketua Srikandi Merah Putih Rina Marliani bersama Ketua RT 21 Adil Desa Beramban Raya   mendatangi  kuburan Muslimin Beramban Raya usai melakukan gotong royong pembersihan lokasi pemakaman.

Pemakaman  yang berlokasi 2 Ha tersebut sejak pagi jam 7,  hari Jum,at (20/11) menjadi perhatian bagi puluhan relawan Srikandi Merah Putih bersama masyarakat sekitar pemakaman  yang disuport Ketua PDI-P Tala H Nurdin untuk dibersihkan,

Sebelumnya pemakaman ini sudah banyak rumput pepohonan yang mulai menutupi bagian alkah kuburan.Tak hanya itu tembok kandang gerbang yang membatasi batas tanah tersebut dengan yang lain,  cat yang mulai pudar pada tembok dicat kembali hingga terlihat indah dan bersih.

Melalui  kegiatan Srikandi Merah Putih yang merupakan sayap PDI-P ini , H. Nurdin  mengharapkan kerja sosial seperti ini tanpa pamrih sangat baik untuk dibangkitkan kembali semangat gotong royong di masyarakat, maklum dengan kemajuan teknologi waktu menjadi terbatas. Jadi kegiatan seperti ini sudah mulai pudar.

Berharap kepada masyarakat kegiatan ini dapat dihidupkan kembali semangat gotong royong bahu membahu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Ujar Nurdin.

Melihat lokasi kuburan yang sudah rapi permukaan tanah yang sudah rata dengan pohon besar yang berada diluar area tak mengganggu wilayah pemakaman ini sudah baik keadaannya. Namun karena wilayah ini lama tak terawat dikarenakan keluarga ahli wari jauh dari sini kita maklumi.

Kepada masyarakat sekitar Nurdin memohon  kalau ada tiang misan (red tanda pemakaman) ditemui ada yang roboh , agar bisa dibetulkan kembali karena Misan  tersebut adalah pertanda bahwa makam yang bertanda misan yang tertancap dipermukaan tanah pertanda tempat itu sudah dipakai. Ini untuk menghindari Jangan sampai ketika lokasi makam  mau dipakai ternyata sudah ada yang memakainya.

Jadi tanda misan ini harus ditata dirapikan kembali, dimohonkan  agar Aparat Desa agar ikut juga menjaga memelihara megelola lokasi pemakaman ini dapat terawat dengan baik, juga  kandang, batas dari perwatasan area pemakaman.

Bagi keluarga ahli waris yang berada  di lokasi pemakaman ini ketika berkunjung akan  dapat melepaskan rindunya dengan berziarah dan ketika bertemu dengan penjiarah lainnya maka akan tercipta  silaturahmi yang nyaman dengan suasana pemakaman,  Ujar Nurdin.

Sementara itu Ketua Srikandi Merah Putih Rina Marliani membenarkan    pembersihan kuburan muslimin tersebut  oleh relawan Srikandi Merah Putih dan support Ketua PDI P Tala H. Nurdin dan masyarakat  setempat RT  21 dan 26 desa Beramban Raya Kecamatan Pelaihari yang melakukan bakti sosial secara gotong royong .

Rina berharap dengan kebersamaan ini maka kekompakan dalam kemasyarakatan dan Srikandi Merah Putih makin solid dan program kedepannya akan banyak lagi yang akan dilaksanakan oleh Srikandi Merah Putih.

Dipilihnya Bakti sosial ini memang dari pengamatan Srikandi Merah Putih ini memang lokasi pemakaman Muslimin ini sudah lama tak tersentuh terawat dengan baik dalam kebersihannya. Karenanya melihat itu secara spontan dilakukan bakti sosial membersihkan wilayah pemakaman, jelas Rina.(MP)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.