oleh

Kapolda Kalsel Jadi Narasumber Bimtek Penguatan Kompetensi Penceramah Agama Islam

mediapublik.net, Banjarmasin

Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Kompetensi Penceramah Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2022, Rabu (8/6/2022) pukul 14.00 Wita.

Kehadiran orang nomor satu di Polda Kalsel ini guna menjadi narasumber dalam kegiatan yang berlangsung di Hotel Aria Barito, Banjarmasin.

Selain Kapolda Kalsel, kegiatan tersebut juga dihadiri Ka Kanwil Kemenag Kalsel, Ketua PWNU, Ketua Wilayah Muhammadiyah, dan Dir Binmas Polda Kalsel.

Dalam paparannya, Kapolda Kalsel mengangkat tema “Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Serta Ketahanan Nasional”.

Kapolda Kalsel mengapresiasi digelarnya bimbingan teknis yang digelar oleh Kanwil Kemenag Kalsel Kalsel. “Ini Adalah sebuah langkah besar menuju penguatan dakwah dan pembangunan bidang agama,” kata Kapolda Kalsel.

Dia menegaskan bahwa Polri khususnya Polda Kalsel sangat mendukung langkah penguatan kualitas dan peran dakwah di tengah umat. Bimtek ini sebagai salah satu langkah strategis dalam mewujudkan ide besar tersebut.

“Bimtek ini berlaku untuk penceramah semua agama, dimulai dari penceramah agama Islam. Kita patut melihat ke belakang bagaimana para pendahulu bangsa ini mengelola keberagamaan dengan cara-cara yang begitu moderat,” paparnya.

Disampaikan Kapolda Kalsel, Indonesia memiliki ragam kekayaan alam yang melimpah, ragam budaya, agama dan keyakinan yang sangat kaya. Hal ini menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang heterogen, namun tetap harmoni. Kerena keberagamaan tersebut dikelola pendiri bangsa dengan bijak dan hati-hati.

“Di sinilah kekuatan individu para pendakwah menjadi hal yang berperan besar dalam menjabarkan ide-ide harmoni dalam heterogenitas,” tegas Kapolda Kalsel.

“Di sinilah kita juga melihat bagaimana agama dan negara berjalan beriringan sebagai sebuah harmoni yang menjadikan bangsa Indonesia dijadikan rujukan kiblat moderasi beragama,” sambungnya.(hmspolda/YS-MP)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.