oleh

Kepala BPKP Kalsel : Minimalisir Bansos Tak Tepat Sasaran

mediapublik.net, Pelaihari

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kalsel gelar rapat koordinasi dengan Inspektorat, Dinas Sosial, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) se Kalsel.

Rapat digelar melalui Video Conference (Vidcon) membahas tentang penataan pendataan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) pada setiap Kabupaten/Kota. Vidcon tersebut diikuti Kepala Inspektorat Tala Sutrisno, Kepala Dinsos Tala Norhidayat, dan Kepala Dinas PMD Tala Gatot Subagio, bertempat di Ruang Barakat Setda Tala, Selasa (7/7).

Secara bergantian, SKPD terkait menyampaikan informasi proses pendataan dalam penyaluran Bansos di daerahnya masing-masing. Di Tanah Laut, sejak Mei Pemkab Tala mengakomodir jaring pengaman sosial dalam bentuk Bansos untuk masyarakat, Bansos tersebut bersumber dari dana APBN, APBD, dan APBDes.

Pendataan penerima pun terus diperbaharui secara berkala oleh Dinas Sosial dengan melibatkan petugas dari aparatur desa setempat. Hingga Juli ini, penyaluran Bansos dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa ke desa-desa di Tala sudah memasuki tahap ke tiga.

Kepala Perwakilan BPKP Kalsel Herman Hermawan dalam hal ini mengajak seluruh peserta Rakor untuk terus berupaya melakukan pendataan sebaik mungkin. Hal tersebut akan meminimalisir penyaluran Bansos yang tidak tepat sasaran di masyarakat.

Kepala Dinas Sosial Tala Norhidayat usai rakor mengungkapkan proses pendataan penerima manfaat Bansos terus berjalan. Dengan melibatkan pihak desa, pendataan diharapkan lebih akurat dan tepat sasaran.

“Kita selalu komunikasikan dengan pihak desa untuk pendataan, apabila berkas data warga penerima bantuan sudah fix dengan bukti TTD kepala desa atau pejabat wilayah setempat, baru kita salurkan Bansos nya”, ujar Norhidayat. (MP/Diskominfo Tala)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed