oleh

Pemkab. Tala dapat Predikat Pratama kota Layak anak

mediapublk.net, Pelaihari

Mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, Kabupaten Tanah Laut (Tala) kembali meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori Pratama Tahun 2021.

Penyerahan penghargaan dilakukan secara virtual oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada Pemerintah Kabupaten Tala yang diterima Bupati Tala H. M. Sukamta, bertempat di Ruang Barakat Setda Tala pada Kamis (29/7).

Sebanyak 275 kabupaten/kota mendapatkan penghargaan KLA Tahun 2021 dari Kementerian PPPA, jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019 yang penerimanya 249 kabupaten/kota.

I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan apresiasi kepada seluruh penerima penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2021. Sebelum menerima penghargaan setiap kabupaten/kota mengikuti evaluasi yang dilakukan untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan.

Ia juga berharap penghargaan ini bisa menjadi pemompa semangat setiap kabupaten/kota untuk terus membangun dan melindungi hak semua anak di Indonesia.

“Penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh tim Kementerian PPPA, tim kementerian/lembaga, dan tim independen.

Semoga penghargaan ini dapat menjadi inspirasi, motivasi, kekuatan dan dorongan kepada kita, semua kabupaten/kota dan provinsi di seluruh Indonesia untuk menjadikan program pembangunan anak sebagai prioritas untuk mewujudkan anak terlindungi Indonesia,” kata Menteri PPPA yang juga dikenal sebagai Bintang Puspayoga.

Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Tanah Laut (Tala) H. Zainal Abidin mengaku bersyukur karena Tanah Laut kembali meraih predikat Pratama pada penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2021.

“Alhamdulillah Tanah Laut menjadi salah satu penerima penghargaan KLA predikat Pratama untuk yang kedua kalinya. Kami akan terus koordinasikan supaya tim (KLA) kami lebih solid lagi dan meningkatkan peran tim agar bisa lebih mensinkronkan data dan kegiatan yang telah dilaksanakan di Kabupaten ini (Tala). Kami berharap untuk tahun depan bisa menaikkan peringkatnya,” tutup Zainal Abidin.

Pelaksanaan program KLA di Indonesia Tahun 2021 didasari dengan Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2021 tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Turut berhadir Sekretaris Daerah Tala H. Dahnial Kifli, Kepala Badan Pembangunan dan Perencanaan Daerah Tala Andris Evony dan Kepala Dinas Sosial Tala Noor Hidayat. (MP/Diskominfo Tala/RSD/RZ).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed