oleh

Pengembangan seni baca Al-Qur’an harus dilaksanakan secara terus menerus

mediapublik.net, Pelaihari

Bupati Tanah Laut H. M. Sukamta ┬ásecara resmi membuka kegiatan Gema Al-Qur’an yang mengusung tema Mangaji Bahimat, Tanah Laut Babarakat ┬ádi Pertasi Kencana pada Sabtu siang (4/12/2021).

Dihari Jadi Kabupaten Tanah Laut ke-56, Adanya Gema Al-Qur’an menjadi salah satu upaya agar generasi muda mencintai Al-Qur’an. Ujar Sukamta.

Kegiatan Gema Al-Qur’an yang diikuti 10 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan ini bertujuan untuk menggalakan semangat membaca Al-Qur’an untuk mewujudkan generasi Qur’ani dan religius.

Cabang lomba yang dipertandingkan tingkat provinsi yaitu Cabang Tilawah, Cabang Tir’ad, Cabang Hifdzi atau Hafalan Al-Qur’an. Sedangkan tingkat kabupaten cabang lomba yang dipertandingkan adalah lomba tilawah untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala).

Pengembangan seni baca Al-Qur’an ini harus dilaksanakan secara terus menerus bukan hanya untuk lomba saja sehingga qori dan qoriah yang dihasilkan benar-benar berkualitas.

“Jika hal ini dilakukan secara kontinu saya yakini akan terwujud suatu keselarasan antara piala dan pahala karena keberkaitan yang didapat melalui proses latihan dan perjuangan yang melelahkan bukan dengan cara instan apalagi rekrutmen dengan cara-cara yang sportif,” ujar Sukamta.

Kegiatan pembukaan disambut antusias khususnya para peserta dari SKPD lingkup Pemkab Tala ini juga menyuguhkan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh KH. Muamammar ZA yang merupakan qori senior yang berasal dari Kabupaten Pemalang Jawa Tengah.

Turut berhadir pada acara tersebut Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, Sekretaris Daerah Kabupaten Tala, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tala, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tala, Ketua GOW Kabupaten Tala, Ketua Bhayangkari Cabang Tala, Ketua Persit Chandra Kirana Tala, Ketua DWP Kabupaten Tala, Unsur Forkopimda Tala, para Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Tala serta para Dewan Hakim Gema Al-Qur’an Tala. (MP/Diskominfo Tala).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.