oleh

Pertanian padi di anjir terancam gagal

mediapublik.net, Anjir-Batola

Puluhan hektar Pertanian padi di wilayah Anjir Muara dan Anjir Pasar sekitarnya di Kabupaten Barito Kuala,  kini terancam gagal panen yang diakibatkan oleh serangan Hama tanaman.

Selain penyakit hama yang menyerang dan belum diketahui pasti jenis penyakitnya tersebut, lebih parah  lahan pertanian  berair relatif lama hingga padi yang berusia seharusnya mulai ngirim buah banyak yang tidak jadi atau gagal.

Menurut Kepala Desa Anjir Muara Kota Tengah Nasruddin ditemui dikediamnnya senin (30/5) menuturkan, dari hamparan lahan pertanian masyarakat diperkirakan 70 persen mengalami kerusakan. Jadi sekitar 30 persen saja yang dianggap tidak terserang penyakit atau masih baik itupun nasibnya belum tentu.

Ditanyakan langkah dan usaha apa yang dilakukan, menurutnya Dinas Pertanian Kabupaten Barito Kuala dan Propinsi telah melakukan pertemuan dengan masyarakat petani setempat.  Pihak dinas terkait belum bisa memastikan hama penyakit apa yang menyerang dan melanda pertanian tersebut.

Namun berdasarkan pengamatan Dinas Pertanian hanya merupakan virus yang menganggu dan kondisi ini tidak dapat membasmi hanya bersifat mengurangi. Mengatasi hama tersebut, untuk sementara pihak dinas pertanian hanya memberikan bantuan berupa obat menyemprot logen.

Salah seorang petani Kamsiah ditemui mediapublik.net mengaku, sekitar 50 borongan lahan pertanian miliknya rusak seluruhnya. Sehingga diperkirakan untuk musim panen tahun ini pada bulan Agustus sampai September gagal. Sementara  Masyarakat Anjir Muara dan Anjir Pasar pekerjaan mereka  hampir 90 persen petani.- (MP/hafrud).-

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.