oleh

Perwakilan Warga Kintap Sampaikan Aspirasi di Musrenbang Batu Ampar

mediapublik.net, Batu Ampar

Kesempatan berhadir sebagai perwakilan tokoh masyarakat pada kegiatan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran (TA) 2023 bagi wilayah Kecamatan Batu Ampar, Kecamatan Jorong dan Kecamatan Kintap (Dapil II) tidak disia-siakan oleh Sahrudin.

Udin (sapaan akrabnya) sebagai perwakilan masyarakat Desa Muara Kintap Kecamatan Kintap rela datang langsung ke Kecamatan Batu Ampar yang menjadi lokasi pelaksanaan Musrenbang untuk RKPD TA 2023 Tingkat Kecamatan bagi Dapil II agar dapat langsung mengutarakan maksud dari usulan-usulan pembangunan di sekitar tempat tinggalnya.

“Tahun 2020 Desa kami kena abrasi, sudah ditindaklanjuti. Namun, tahun 2021 sampai 2022 kemarin kembali terjadi abrasi yang mengakibatkan jalanan putus sekitar 500 meter dan berdampak pada 50 rumah yang terisolasi di Desa Muara Kintap. Saat kami ke lokasi, masalah baru kami temukan bahwa 50 rumah tersebut belum menikmati listrik. Jadi saya harus sampaikan kalau ada kesempatan saya bicara,” ucap Udin pada Rabu (9/2/2022).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Laut (Tala) H. Dahnial Kifli usai membersamai jalannya kegiatan ini merasakan betul manfaat adanya Musrenbang ini karena dapat mendengar langsung apa yang menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

“Inilah gunanya kita musyawarah, ada aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat langsung. Mohon Dinas terkait agar nanti ditindaklanjuti,” syukur Dahnial.

Sebelumnya, Sekda Tala yang mewakili Bupati Tala dalam sambutan mengungkapkan hal terpenting dalam pelaksanaan pembangunan adalah adanya manfaat langsung dan tak langsung yang dapat dirasakan oleh masyarakat sebagai dampak dilaksanakannya pembangunan tersebut.

“Kegiatan pembangunan ini sebagai rincian pemerintah bersama masyarakat serta stakeholder terkait untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” ungkap Sekda.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tala, Andris Evony dalam laporannya menyampaikan bahwa terdapat program pembangunan yang akan dikerjakan pada tahun 2022 ini yang mana tidak terlepas daripada usulan pelaksanaan Musrenbang pada tahun 2021 lalu.

“Tahun 2022, program pembangunan yang akan kita kerjaan sebanyak 154 program dengan rincian 431 kegiatan atau 1222 sub kegiatan dengan total pagu anggaran sekitar 1,6 triliun rupiah,” ujar Andris.

Pada akhir acara, Sekda Tala mengingatkan kepada seluruh unsur yang terlibat agar dapat fokus kepada hal-hal yang prioritas dan jangan sampai usulan berulang atau bahkan tidak terserap hanya karena disinformasi.

Musrenbang kali ini juga turut dihadiri oleh Anggota DPRD Tala Dapil II, Kepala SKPD terkait, serta Forkopimcam, perwakilan kepala desa dan tokoh masyarakat pada setiap wilayah Dapil II. (MP/Diskominfo Tala).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.