oleh

Proklamasi Gubernur Tentara Alri Divisi IV Pertahanan Kalimantan, menjadi corong api semangat perjuangan

mediapublik.net, Pelaihari

Bupati Tanah Laut (Tala) yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tala H. Dahnial Kifli hadir sebagai Inspektur pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Gubernur Tentara Alri Divisi IV Pertahanan Kalimantan dalam  Upacara  hari Selasa (17/5) di Halaman Kantor Bupati Tala.

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Tala mengungkapkan bahwa peringatan ini menjadi momentum kita bersama dalam menggali dan menghayati nilai-nilai perjuangan Brigjen Hasan Basry dalam membela dan mempertahankan negara kesatuan republik indonesia di zaman itu.

”Mari kita membuka kembali catatan sejarah perjuangan rakyat kalimantan, sebagaimana peristiwa besar yakni Proklamasi Gubernur Tentara Alri Divisi IV Pertahanan Kalimantan, yang juga menjadi corong api semangat perjuangan  mempertahankan NKRI kala itu.

Peristiwa besar pembacaan Proklamasi pada tanggal 17 Mei  tahun 1949 di Kandangan, yang dibacakan dan ditandatangani langsung oleh Brigjen Hasan Basry atas nama rakyat Kalsel, menyatakan bahwa Kalsel adalah bagian yang tak terpisahkan dari wilayah Republik Indonesia,” kata Sekda.

Selanjutnya disampaikan pula bahwa momentum peringatan ini jangan hanya bertujuan untuk mengenang sejarah perjuangan dan kepahlawanan para pendahulu saja, tetapi lebih dari itu yakni sebagai semangat untuk terus mengabdi dan berkontribusi terhadap negara.

”Peringatan ini harusnya dapat menjadi ruang introspeksi bagi kita semua, bukan tentang apa yang telah diberikan bangsa dan negara, tetapi sampai sejauh mana kita dapat melanjutkan perjuangan yang telah dirintis oleh para pendahulu, serta berapa besar pengabdian dan kontribusi yang telah kita berikan bagi masyarakat, daerah dan bangsa,” lanjut Sekda.

Turut berhadir unsur Forkopimda Tala, Pimpinan Kantor Vertikal di Tala, Kepala SKPD Lingkup Pemkab Tala, para Veteran, unsur TNI, unsur Polri dan unsur organisasi. (Mediap Publik/Diskominfo Tala).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.