oleh

Serangan Hama Tangro di khawatirkan Bisa Gagalkan Panen

mediapublik.net, Marabahan

Para petani Anjir Muara dan Anjir  Pasar Kabupaten Barito Kuala (Batola), mengeluhkan lahan pertanian mereka rusak  diakibatkan dari serangan hama Tangro sehingga tanaman Padi mengalami kerusakan seperti daun dan batang padi layu.

Kondisi tanaman itu saat ini  belum bisa diobati, mengatasinya hanya bisa didamprot dengan  bantuan dari Dinas Pertanian setempat.

Kerusakan tanaman padi tersebut, dikhawatirkan terjadi penurunan produksi padi bahkan berujung terancam gagal panen.

Selain serangan hama tersebut, juga diperparah air yang tidak mengalir dan merendam lahan pertanian. Terjadinya genangan air diduga sirkulasi buruk dan jaringan normalisasi air tidak berfungsi maksimal. Untuk itu  para petani berharap Dinas Pertanian bisa mengatasinya.

Kepala bidang sumber daya air Dinas PUPR Batola Chairul Razi kepada mediapublik.net selasa (15/6) mengaku, belum menerima laporan  dari petani tersebut atas keluhan yang terjadi. Namun demikian bila ada laporan pihaknya akan mengkordinasikan dengan pihak Balai Sungai maupun Dinas PUPR Propinsi Kalsel.

Hal ini mengingat  perlunya  dilakukan koordinasi karena ada wilayah dan kewenangan pekerjaan masing” agar tidak terjadi tumpang tindih proyek. Bila memang menyangkut kewenangan ada di Kabupaten, pihaknya akan segera kelapangan untuk menindaklanjuti.

Itupun ujar Razi  tidak bisa dilakukan atau dikerjakan tahun ini. Kemungkinan bisa dikerjakan tahun akan datang, sesuai kemampuan dan kondisi keuangan daerah, menutup pembicaraan deng awak mediapublik. (hafrud).-

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.