oleh

Situasi terus stabil mungkin honor para penyuluh agama akan ditambah

mediapublik.net, Pelaihari

Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta, menghadiri Pelantikan Pengurus Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam Fungsional (Pokjaluh) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berjumlah 39 orang yang dilantik oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel HM Tambrin. Bertempat di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Sabtu (24/9/2022) siang.

Sukamta pada sambutannya menyampaikan, penyuluh agama mempunyai peran yang sangat strategis dalam menjaga kerukunan, ketentraman dan kedamaian masyarakat terutama di Bumi Tuntung Pandang. Keberagaman suku dan agama yang ada di Kalsel menjadi potensi besar terjadinya perpecah belahan diantara masyarakat, namun karena adanya penyuluh agama yang turun langsung ketengah-tengah masyarakat menjadi tameng untuk menjaga kerukunan dan kekompakkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

“Ada tanggung jawab besar yang diemban penyuluh agama untuk selalu menjaga kedamaian diantara umat beragama yang ada di Kalsel,” tuturnya.

Ia juga menuturkan, untuk wilayah Kabupaten Tala, kerukunan sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat, terbukti pada beberapa waktu yang lalu bertepatan dengan malam Tahun Baru Islam di Desa Sumber Mulia Kecamatan Pelaihari, masyarakat yang beragama Islam dan Nasrani sama-sama menjalankan ibadah dengan tenang tanpa adanya permasalahan yang terjadi.

“Saya bangga dan salut dengan toleransi yang dijunjung tinggi oleh masyarakat di Bumi Tuntung Pandang, mereka sadar bahwa hidup saling berdampingan walaupun berbeda suku, agama dan budaya wajib menjaga kedamaian dan ketentraman,” ucap Sukamta.

Terkait pemberian honor para penyuluh agama, Sukamta menuturkan bahwa seiring berjalannya waktu pasti akan menambah nominal honor yang dibayarkan, untuk saat ini masih pada angka Rp 500 ribu per orang. Apabila nantinya keuangan pemerintah daerah terus stabil bukan tidak mungkin honor para penyuluh agama akan ditambah untuk kesejahteraannya.

“Dulu pada pelantikan periode 2019 honor dari Rp 350 ribu saya tambah menjadi Rp 500 ribu, semoga kedepannya dengan terus stabilnya keuangan pemerintah daerah honor bisa ditambahkan kembali,” terang Sukamta.

Pada kesempatan ini, Sukamta juga mendapat piagam penghargaan atas partisipasi dan kontribusi dalam pengembangan dan kebijakan positif oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia yang diserah oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kalsel.

Turut berhadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tala, Para Kepala Kantor Kementerian Agama se-Kalsel, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tala serta para Penyuluh Agama Islam Fungsional.(MP/Prokopim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.