oleh

SMF LAKSANAKAN PELANTIKAN 52 SISWA ANGKATAN 52

BANJARMASIN, MEDIAPUBLIK.NET

                PENGAMBILAN  SUMPAH DAN PELANTIKAN ASISTEN TENAGA KESEHATAN ANGKATAN 52 SMK ISFI BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2018-2019 YANG DIPUSATKAN DI BALL ROOM HOTEL BANJARMASIN INTERNATIONAL (HBI) SELASA (18/6) DISAMBUT ANTUSIAS OLEH SISWA DAN ORANG TUA MURID SERTA UNDANGAN LAINNYA.

PELAKSANAAN UJIAN TAHUN INI DIAWALI DENGAN UJIAN NASIONAL PRAKTIK KOMPETENSI KEJURUAN DENGAN METODE LSP P3 DIBAWAH  NAUNGAN LSP KOMUNITAS FARMASI INDONESI (LSP KFI) PADA TANGGAL 12 SAMPAI DENGAN 16 FEBRUARI 2019. SELANJUTNYA  DIIKUTI  UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)  MULAI 06 MARET SD 19 MARET 2019 YANG DILAKSANAKAN BERBASIS  KOMPUTER (CBT).  UJAR KEPALA SEKOLAH SMF ISFI BANJRMASIN KALSEL   H. M.NOOR  IPANSYAH,S.Si, Apt.

PADA TANGGAL 25 MARET 2019 DIMULAILAH PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER HINGGA TANGGAL 28 MARET 2019 YANG MELIPUTI 4 MATA PELAJARAN UTAMA YAITU BAHASA INDONESIA, MATEMATIKA, BAHASA INGGRIS DAN TEORI KEJURUAN. PELAKSANAAN UNBK BERLANGSUNG SUKSES DAN LANCAR, MESKIPUN ADANYA KENDALA KELISTRIKAN PADA HARI PERTAMA DIKARENAKAN CUACA BURUK NAMUN DAPAT DIATASI PADA HARI ITU JUGA.

SUKSESNYA PELAKSANAAN UNBK TIDAK LEPAS DARI KERJASAMA YANG BAIK ANTAR SEMUA PIHAK, TERLEBIH DUKUNGAN DARI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BAIK TERUTAMA TINGKAT PROVINSI PROVINSI KALIMANTAN SELATANJELAS IRFAN.

DENGAN DEMIKIAN PARA LULUSAN YANG KINI TELAH HADIR BERSAMA KITA HARI INI, MEREKA TELAH MENEMPUH UJIAN YANG PANJANG DAN MELELAHKAN. TERCATAT TOTAL SEBANYAK 17 MATA PELAJARAN USBN DAN 4 MATA PELAJARAN UNBK. DALAM WAKTU 23 HARI EFEKTIF MULAI 12 FEBRUARI SD 8 APRIL 2019.

MENGGEMBIRAKAN  KELULUSAN TAHUN INI ADALAH 100%, SEBUAH PRESTASI YANG PATUT DISYUKURI.

PERAIH NILAI UN TERTINGGI ADALAH MUHAMMAD HABIBE DENGAN TOTAL NILAI 331,5. PERINGKAT KEDUA DINDA RAFIANTI DENGAN  TOTAL NILAI UN 328,0 DAN KETIGA NOVI DWI MAULIDA DENGAN  TOTAL NILAI UN 326,5. KETIGANYA AKAN MENDAPATKAN PENGHARGAAN DARI SEKOLAH.

PADA KESEMPATAN INI PULA KAMI MENYAMPAIKAN UCAPAN SELAMAT ATAS KEBERHASILAN PARA LULUSAN YANG KEMBALI MENGHARUMKAN NAMA SMK ISFI BANJARMASIN ATAS PENCAPAIAN HASIL UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 YANG MEMBANGGAKAN, YAITU PADA TAHUN INI SMK ISFI MERAIH RATA-RATA HASIL UJIAN NASIONAL TERTINGGI SE-KOTA BANJARMASIN DAN PERINGKAT KETIGA SE-PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

KITA BERIKAN APLAUS YANG MERIAH KEPADA SELURUH PARA LULUSAN YANG LUAR BIASA INI..KAMI UCAPKAN SELAMAT PULA KEPADA PARA ORANG TUA DAN PARA GURU SERTA KARYAWAN YANG TELAH MENDAMPINGI ANAK DIDIK KAMI, SALUT DAN BANGGA ATAS PRESTASI YANG TELAH DIRAIHNYA.

PADA KESEMPATAN BERBAHAGIA INI PULA KAMI MENYAMPAIKAN HASIL PEMETAAN KUALITAS SMK DI INDONESIA DIMANA SMK ISFI MEMPEROLEH POSISI URUTAN KE 62 SE INDONESIA DARI TOTAL KURANG LEBIH 13.930 SMK , DENGAN ASPEK PEMETAAN YANG MELIPUTI HASIL PEMETAAN MUTU PENDIDIKAN, HASIL UJIAN KOMPETENSI GURU, AKREDITASI, DAN INDEKS UJIAN NASIONAL

LULUSAN TERBAIK TINGKAT INSTITUSI TP 2018/2019. KRITERIA PENILAIANNYA ADALAH BERDASARKAN RATA-RATA NILAI RAPORT, RATA-RATA NILAI USBN, DAN RATA-RATA NILAI UJIAN NASIONAL. MAKA DIPEROLEH HASIL

SEBAGAI BERIKUT. UNTUK KALI INI KAMI SILAKAN BERDIRI BAGI 10 SISWA LULUSAN TERBAIK SMK ISFI BANJARMASIN TP 2018/2019,

MUHAMMAD HABIBIE 88.44 1
NOVI DWI MAULIDA 87.19 2
NOVI SISKA AMALIA 86.39 3
LISTIYA NOR HIDAYATI 85.30 4
DINDA RAFLIANTI 85.29 5
ADI SAPUTRA 84.13 6
HAURA NUR AZIZAH 84.04 7
SOFINA AZKIA 83.30 8
SALSABILLA DYAH PUSPITASARI 82.67 9
MAULIDATURRAHMAH 82.63 10

KAMI JUGA MEMBERIKAN APRESIASI SETINGGI-TINGGINYA KEPADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TERUTAMA DARI KETIGA PERAIH LULUSAN TERBAIK YAITU MUHAMMAD HABIBIE DARI MTSN 2 BANJARMASIN, NOVIE DWI MAULIDA DARI SMPN 2 BANJARMASIN DAN NOVI SISKA AMALIA DARI SMPN 24 BANJARMASIN YANG JUGA IKUT ANDIL MENDIDIK PUTRA-PUTRI KAMI PADA JENJANG PENDIDIKAN SEBELUMNYA.

DENGAN KELULUSAN 92 SISWA ANGKATAN 52 TAHUN INI, MAKA TOTAL LULUSAN SAA, SMF, DAN SMK ISFI SEJAK ANGKATAN PERTAMA HINGGA ANGKATAN 52 TAHUN INI BERJUMLAH 3.674 ORANG, DENGAN RINCIAN 846 ORANG PRIA DAN 2.848 ORANG WANITA.

UCAPAN TERIMAKASIH TIDAK LUPA KAMI HATURKAN KEPADA ORANG TUA DAN WALI PARA LULUSAN ATAS KERJASAMANYA SELAMA INI, TAK LUPA KEPADA SEGENAP BAPAK DAN IBU GURU BESERTA STAF SMK

ISFI ATAS DEDIKASI DAN INTEGRITASNYA, SERTA TERIMAKASIH KEPADA MITRA KERJA KAMI DI RUMAH SAKIT ATAUPUN APOTEK. TAK LUPA TENTUNYA JUGA MOHON MAAF ATAS SEGALA YG TIDAK BERKENAN, KAMI MEWAKILI SEGENAP CIVITAS SMK ISFI BANJARMASIN MOHON KERELAAN DAN KERIDHOAAN BAPAK IBU ORANG TUA DAN WALI UNTUK MEMAFKAN KAMI ATAS SEGALA KEALPAAN DAN KEKURANGAN KAMI DALAM MENDIDIK PUTRA DAN PUTRI BAPAK DAN IBU SEMUA, UJAT KEPALA SEKOLAH.

KETUA PANITIA PELAKSANA PELANTIKAN SISWA SMF NOOR HADIJAH MENGATAKAN ANIMO MEMASUKI KESEKOLAH INI SANGAT TINGGI, APALAGI DENGAN AKREDITASI A MEMILIKI NILAI LEBIH DARI MASYARAKAT , UNTUK ITU KAMI TERUS MENJAGA MUTU HASIL PENDIDIKAN.SEKAOLAH

KEUNGGULAN DISEKOLAH INI ADALAH  PEMETAAN MUTU PENDIDIKAN, INDEKS UJIAN NASIONAL , SARANA PRASARANA , UKG  UJI KOMPETENSI GURU, MEMBERIKAN REWARD PADA SISWA BEASISWA SEKOLAH YANG AKAN MENERUSKAN PENDIDIKAN KEJENJANG LEBIH TINGGI.  

PEMBUKTIAN SEBAGAI SEKOLAH TGERBAIK, ALAHAMDULILAN SMF ISFI INI JUGA DIBUTIKAN MENDAPATKAN PERINGKAT SEKLAH TERBAIK  KE 62 DI INDONESIA UJAR NOOR HADIJAH, S.FAR APOTEKER WAKIL KEPALA SEKOLAH BAGIAN KURIKULUM SMF ISFI BANJARMASIN.

Dr. H. M. MUSLIM, M.Kes KEPALA DINAS KESEHATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN YANG DIWAKILI MASNAYANTI, S.Kep, MM  DITEMPAT SAMA  MENGUCAPKAN SELAMAT ATAS KEBERHASILAN YANG DIRAIH, KEPADA PIHAK SEKOLAH, PARA LULUSAN ASISTEN TENAGA KESEHATAN SMK ISFI BANJARMASIN, TERLEBIH KEPADA ORANG TUA / WALI LULUSAN.

BAGAIMANAPUN JUGA KEBERHASILAN INI BUKAN SEMATA-MATA MENJADI KEBANGGAAN SEKOLAH / LULUSAN, TETAPI JUGA MERUPAKAN KEBERHASILAN DAN KEBANGGAAN ORANG TUA YANG SELALU MENDORONG ANAK-ANAKNYA DALAM MENUNTUT ILMU DI SEKOLAH HINGGA BERHASIL. PROGRAM INDONESIA SEHAT MEMILIKI 3 PILAR, YAITU :

  1. PARADIGMA SEHAT. PROMOTIF-PREVENTIF SEBAGAI PILAR UTAMA UPAYA KESEHATAN
  2. PENGUATAN PELAYANAN KESEHATAN. PENERAPAN PENDEKATAN CONTINUUM OF CARE
  3. JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN)

DITAMBAHKANNYA  SALAH SATU POINT DARI ENAM POINT ARAH KEBIJAKAN RPJMD KALIMANTAN SELATAN BIDANG KESEHATAN TAHUN 2016-2021 ADALAH : MENINGKATKAN KETERSEDIAAN, PEMERATAAN DAN KETERJANGKAUAN OBAT DAN ALAT KESEHATAN SERTA MENJAMIN KEAMANAN, KHASIAT, KEMANFAATAN DAN MUTU SEDIAAN FARMASI DAN ALAT KESEHATAN BADAN SISTEM INFORMASI SDMK, TERDAPAT 48 JENIS TENAGA KESEHATAN, SALAH SATUNYA ADALAH KEFARMASIAN. DATA SAMPAI BULAN APRIL TAHUN 2019, JUMLAH KEFARMASIAN DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN BERJUMLAH : 730 ORANG.

 DATA INI BELUM TERMASUK LULUSAN SAAT INI. DAN LAPORAN INI DI INPUT OLEH OPERATOR KAB/KOTA MASING-MASING. SUMBER DATA : SI-SDMK BADAN PENGEMBANGAN DAN SALAH SATU TANTANGAN YANG KITA HADAPI SAAT INI ADALAH MARAKNYA PENYALAHGUNAAN OBAT KHUSUSNYA KARISOPRODOL YANG DISEBUT ORANG AWAN “ZENITH” BERDASARKAN PERATURAN MENTERI KESEHATAN RI NOMOR 7 TAHUN 2018, KARISOPRODOL MASUK NARKOTIKA GOLONGAN I.

SEBAGAI ASISTEN TENAGA KEFARMASIAN DIMINTA PARTISIPASIMYA DALAM PENYULUHAN DAMPAK KESEHATAN DARI PENYALAHGUNAAN OBAT TERSEBUT. DENGAN DEMIKIAN DINAS KESEHATAN PROVINSI DAN KABUPATEN BERHARAP BANYAK PADA LULUSAN INI AGAR DAPAT MEMBERIKAN EDUKASI DAN MEMERANGI PENYALAHGUNAAN NARKOBA YANG DAPAT MERUSAK GENERASI MUDA PENERUS MASA DEPAN BANGSA INDONESIA.

SARANA KEFARMASIAN DAN ALAT KESEHATAN, MELIPUTI : SARANA PRODUKSI (INDUSTRI OBAT, INDUSTRI/USAHA OBAT TRADISIONAL, INDUSTRI KOSMETIKA, INDUSTRI ALAT KESEHATAN DAN PKRT), SARANA DISTRIBUSI (PEDAGANG BESAR FARMASI DAN PENYALUR ALAT KESEHATAN), SARANA PELAYANAN (PUSKESMAS, RS, APOTEK, KLINIK, TOKO OBAT BERIZIN DAN TOKO ALAT KESEHATAN).

BERDASARKAN PERATURAN MENTERI KESEHATAN RI NOMOR 80 TAHUN 2016 TENTANG PENYELENGGARAAN PEKERJAAN ASISTEN TENAGA KESEHATAN, MAKA LINGKUP PEKERJAAN ASISTEN TENAGA KEFARMASIAN MELIPUTI PELAKSANAAN TUGAS YANG DIBERIKAN OLEH TENAGA TEKNIS KEFARMASIAN DAN APOTEKER DALAM PEKERJAAN ADMINISTRASI DAN PERAN PELAYANAN PELANGGAN, MENGIKUTI PELAKSANAAN STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL, ANTARA LAIN : 1) MELAKUKAN PENCATATAN TENTANG PEMBELIAN DAN

PENYIMPANAN OBAT SERTA MELAKUKAN PENDATAAN PERSEDIAAN, 2) MELAKUKAN PEMERIKSAAN KESESUAIAN PESANAN SEDIAAN FARMASI DAN PERBEKALAN KESEHATAN DAN LAIN-LAIN. ASISTEN TENAGA KEFARMASIAN DAPAT MENGABDI DI SARANA PELAYANAN TANPA MEMERLUKAN SURAT TANDA REGISTRASI (STR).

KEPADA SEMUA PARA LULUSAN : SEBAGAI ORANG YANG TELAH MENGALAMI PROSES PENDIDIKAN MAKA SAUDARA-SAUDARA DAPAT DIKATAKAN SEBAGAI INSAN-INSAN ASISTEN TENAGA KESEHATAN YANG TELAH MENGALAMI PENCERAHAN. HAL ITU AKAN TERCERMIN DARI SIKAP DAN PERILAKU SAUDARA. JADILAH ASISTEN TENAGA KESEHATAN YANG ARIF KEPRIBADIANNYA, LAPANG JIWANYA DAN TEGUH PENDIRIANNYA.

SEMENTARA ITU KEPALA DINAS PENDIDIKAN PROV KALSEL M YUSUF EFENDI BERHARAP KELULUSANNYA BISA MELANJUTKAN PADA JENJANG SEKOLAH YANG LEBIH TINGGI LAGI DIBIDANG KEFARMASIAN. SEMOGA INI  JUGA MEMBERIKAN DAMPAK POSITIF BAGI PENINGKATAN KUALITAS EUMBER DAYA MANUSIA KALSEL.

NAMUN BAGI YANG TIDAK MELANJUTKAN ITU KAN BISA BEKERJA DIDUNIA FARMASI KARENA KONSEP SMK INI ADALAH SIAP PAKAI UTAMANYA LAPANGAN KERJAANNYA ADALAH TERSEDIA SEBAGAI APOTEKER DI APOTEK APOTEK ATAU BISA JUGA BERKIPRAH DI TOKO OBAT DAN BIDANG LAINNYA SESUAI DENGAN KUALIFIKASINYA.  (FIRDAUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.