oleh

Tanah Laut Juara 1 Pokdarwis Tingkat Nasional

Jakarta, mediapublik.net

Kabupaten Tanah Laut melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Dewa Katar dari Kelurahan karang Taruna, Kecamatan Pelaihari raih penghargaan juara 1 Apresiasi Pokdawis Kategori Berkembang Tingkat nasional Tahun 2019 dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Acara tersebut digelar  dengan nama Indonesia Suistainable Tourism Award, kamis (26/9) bertempat di The Ritz Carlton Pacific place Hotel, Jakarta. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh menteri Pariwisata, Arief Yahya kepada ketua Pokdarwis Dewa Katar, Harjono.  

Penghargaan yang telah dilaksanakan selama 5 kali sejak tahun 2012 ini, untuk pertama kalinya diraih oleh Pokdarwis se-Kalimantan Selatan. Penghargaan ini diharapkan mampu meningkatkan peran dan kapasitas pokdarwis di masyarakat sebagai motivator dalam menciptakan iklim yang kondusif bagi kepariwisataan

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Tanah Laut, Abdi Rahman, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan selatan, dan Sekretaris Dinas Pariwisata Kab. Tanah Laut.

Pokdarwis Dewa Katar berhasil mengalahkan Pokdarwis Se-Indonesia Untuk kategori Pokdarwis berkembang. Pokdarwis Dewa Katar sendiri berfokus untuk mengedukasi masyarakat, kegiatan yang dikelola diantaranya adalah pembelajaran tentang integrasi kelapa sawit dan ternak sapi,

Kemudian  pembuatan pupuk kompos, budidaya lebah madu dan panen madu langsung, budidaya jamur tiram dan aneka olahannya, kegiatan pemanfaatan pekarangan melalui kerjasama dengan kelompok Wanita Tani (KWT) , pelatihan seni kuda lumping dan kegiatan belajar penyuluhan melalui radio Taruna FM.

Wakil Bupati Tanah Laut, Abdi Rahman menyambut gembira Pokdarwis Tala Mampu meraih prestasi hingga tingkat Nasional. Terlebih ini adalah pertama kalinya ada Pokdarwis dari Kalimantan selatan yang meraih penghargaan tersebut.

“Kita patut berbangga, Pokdarwis Dewa Katar mampu bersaing dan tidak kalah dengan Pokdarwis lainnya di seluruh Indonesia” ucap Abdi

Ia pun menambahkan pemkab Tala melalui dinas pariwisata akan terus melakukan pembinaan, agar Pokdarwis Dewa Katar mampu meraih penghargaaan ditingkat selanjutnya. Ia pun berharap hal ini akan memicu pokdarwis lainnya di Tala untuk mengikuti meraih prestasi sehingga nantinya dapat turut serta memberikan manfaat kepada masyarakat terutama terkait sektor pariwisata di bumi Tuntung Pandang. (MP/Hum)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed