Ujian SMA TA 2022/3023 Di Kalsel berlangsung kondusif terkendali

mediapublik.net, Rantau Badauh-Batola

Mengacu arahan dan kebijakan Diknas propinsi Kalimantan Selatan dan MKKS, untuk ujian sekolah khususnya SMA ta 2022/2023 dilaksanakan serentak sejak tanggal 6 sampai 15 Maret 2023.  Hingga hari terakhir berlangsung kondusif dan terkendali. Termasuk diantaranya SMAN 1 Rantau Bedauh Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan.

Pantauan wartawan mediapublik.com pada hari terakhir pelaksanaan ujian sekolah disejumlah SMA kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar dan Barito Kuala¬† Kalimantan Selatan sesuai target dan kebijakan masing” berjalan lancar. Kendati bervariasi ada diantaranya sudah menggunakan sistem computer Best test CBT atau dengan perangkat komputer, dan sebagian masih ada dengan sistem kertas atau manual namun hal” demikian tidak menjadi problem bagi peserta ujian tersebut.

Kepala SMAN 1 Rantau Bedauh Barito Kuala Rahmatullah ketika dikonfirmasi mediapublik.com rabu 15-3-23 diruang kerjanya mengatakan, untuk pelaksanaan US tahun ini diikuti 84 peserta anak didik. Masing” untuk jurusan IPA 44 orang dan jurusan IPS sebanyak 40 orang.

Secara umum dengan sistem menggunakan CBT berjalan bagus. Karena terkait jaringan, listrik dan pendukung lainnya sudah diantisipasi. Sedangkan peralatan dan perangkat sarana dan prasarana ada keterbatasan terutama unit komputer yang tersedia, maka saat ujian dilakukan 2 sesi.

Ditanya terkait sistem cbt rawan terjadi kebocoran soal dan siswa mencari kunci jawaban, tegas Rahmatullah dijamin tidak akan terjadi karena sudah terprogram dengan rapi. Disamping itu sesuai ruang ujian ditempatkan pengawas.

Sehingga bagi peserta ujian ingin melakukan atau mencari kunci jawaban tidak akan bisa. Sedangkan persiapan ujian dengan cbt mereka sudah diberikan bekal termasuk pelaksanaan try aot atau uji coba sebelum ujian berlangsung.

Rahmatullah yang juga sempat beberapa waktu menjadi Plt Kepsek SMAN 1 Alalak ini menambahkan, tim tehnis penilai nantinya dapat memberikan hasil nilai yang terbaik. Diharapkan bisa berhasil dengan kelulusan terbaik dan lulus semuanya, ujarnya.

Semantara itu, pelaksanaan ujian di SMAN 8 Banjarmasin berdasarkan pantauan mediapublik.com sangat berbeda kendati masih menggunakan metode K 13. Namun menurut ketua panitia US setempat Annisa tidak menggunakan metode cbt, tapi masih menggunakan kertas dengan lembar jawaban, pungkasnya. (hafrud).-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *