oleh

Walikota Banjarmasin mendukung penuh Kongres Borneo Raya

mediapublik.net, Banjarmasin

Dengan senyum penuh kegembiraan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyambut kedatangan Panitia Pelaksana Kongres Boreneo Raya (Panlak KBR) di kediaman rumah Dinas Walikota jalan Dharma Praja Banjarmasin , Rabu (13/4).

Panlak KBR yang dikawal oleh SC Jumadri Masrun dan OC wakil Ketua KBR Firdaus disertai pengurus lainnya terlaksananya audinsi dengan walikota Ibnu ini diakui sangat bangga bisa diberi kesempatan dapat bertemu dengan orang nomor satu Banjarmsin ditengah kesibukan beliau.

Ditengah perbincangan Ibnu terlihat  focus mendengarkan apa saja yang dipersentasikan Panlak KBR sambil melihat beberapa tulisan berkenaan dengan kegiatan yang akan digelar KBR di bulan Mei tahun 2022.

Dalam komentarnya Walikota Ibnu mengatakan mendukung sepenuhnya kegiatan KBR baik dalam kegiatan simposium maupun Festival Budaya apalagi isunya adalah mendukung ibukota Negra (IKN) .

Ini adalah bentuk dari antusiasme pulau Kalimantan dimana dalam pulau ini ada tiga negara yakni Indonesia, Brunei ,  Serawak. Bersatunya Kalimantan dengan berbagai suku bangsa khususnya Banjarmasin yang sudah terdiri dari 32 etnis yang bisa hidup rukun damai saling menghormati itu adalah bekal pembangunan .

Kami berharap keunggulan Pulau Kalimantan yang bebas gempa adalah salah satu dukungan alam tapi yang lebih penting adalah dukungan sosial. Sebab bila tidak ada  dukungan sosial, ini juga akan menjadikan masalah bagi kehidupan kita.

Dengan mengambil spirit Tumbang Anoy kita punya  hukum adat tumbang anoy 1894 itu menjadi peninggalan luar biasa yang dapat menjadi referensi dalam menjaga Pulau  Kalimantan,  alam , hutan, ekosistem beserta  kelestarian budaya, ujar Ibnu.

Jangan sampai terjadi pada daerah lain,  penduduk di Kalimantan bisa tersingkir oleh karenanya husus warga sekitar misal suku Dayak, berbagai suku bangsa, harus bersatu padu untuk menjadilkan peluang bagi pulau kalimanatan betul betul layak sebagai ibukota sebuah negara besar seperti Indonesia.

Dalam rekomendasi kepada Panlak KBR, Ibnu berpesan galang semua kekuatan semua potensi apalagi ini aruh ganal KBR kegiatannya tak kecil yang melibatkan 5 Provinsi di Kalimantan dan melibatkan 3 negara, Untuk itu kita mendukung sepenuhnya support moga sukses kegiatan KBR tekan  Ibnu.

Sementara itu ditempat sama Firdaus Wakil Ketua KBR mengatakan penegasannya bahwa kegiatan KBR ini adalah menyatukan semua suku di Kalimantan dalam mendukung Ibu kota Negara yang digelar degan kegiatan Festival Budaya, simposium dan ritual adat yang secara serempak digelar di lima Provinsi sesuai dengan urutan waktu yang sudah ditentukan KBR.

Terpisah Ketua KBR Bujino A Salan, K  katakan terimakasih pada rekan rekan yang sudah ke Walikota Banjarmasin Ibnu Sina sembari berkirim salam pada walikota Ibnu meminta maap tak bisa mendampingi Panlak KBR  karena pekerjaan yang mengharuskan untuk melakukan  perjalanan ke Kalteng. Meski demikian setiap kegiatan selalu termonitor dan mendapat petunjuk dari Ketua KBR.(Zahir)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.