oleh

Webinar : Kesiapan PILKADA 9 Desember ditengah Covid-19

mediapublik.net, Pelaihari

Mengidentifikasi hal hal yang berkenaan dengan kesiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA)  sebagai implikasi penundaan Pilkada Serentak 2020 akibat pandemi Covid-19 dan merumuskan langkah-langkah untuk koordinasi membangun kesiapan pelaksanaan Pilkada 2020 menjadi tujuan dilaksanakannya Webinar oleh Balitbang Kemendagri pada Rabu (10/06).

Webinar Kemendagri tentang kesiapan pelaksanaan Pilkada 2020 ini dimoderatori staf khusus Kemendagri Dr. Kastorius Sinaga dan menghadirkan narasumber diantaranya Komisioner KPU RI Pramono Ubaid, Dirjen Keuangan Daerah Dr. M. Ardian Noervianto, M.Si, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri (BPP) Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si, a Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini, dan perwakilan Dirjen Otda Kemendagri.

Web seminar diikuti sekitar 864 peserta yang terdiri dari para Sekretaris Daerah, KPUD Propinsi/Kabupaten/Kota, Bawaslu, Kepala Litbang Daerah, Kepala BPKAD, dan Kepala Bagian Pemerintahan Otda.

Pembahasan dalam membangun kesiapan pelaksanaan pilkada dalam perspektif Kementerian Dalam Negeri diantaranya berhubungan dengan kesiapan penyelenggara, kesiapan pemilih (berkaitan dengan data pemilih), kesiapan anggaran Pemerintah Daerah, dan kesiapan pengamanan pilkada.

Dari pembicaraan webinar ini disampaikan bahwa pada tanggal 15 Juni 2020 untuk KPU disemua daerah memulai kembali tahapan tahapan Pilkada, KPU akan mengaktifkan kembali badan penyelenggara ad hoc, yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Kemudian, tahap pemungutan suara akan jatuh pada 9 Desember 2020 yang semua kegiatan dimaksud dengan memberlakukan protokol kesehatan karena seperti diketahui pelaksanaan Pilkada tahun ini ditengah pandemi Covid – 19.

Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan SDM Fendy Haryadi usai Webinar perihal kesiapan KPU Tanah Laut dalam menyongsong tahapan dan pelaksanaan Pilkada mengatakan pihaknya pada prinsipnya menunggu PKPU terbit, baik tahapan maupun pelaksanaan Pilkada ditengah pandemi covid 19 akan siap untuk melaksanakannya.

Dari kesiapan Badan adhoc KPU Tanah Laut sudah mulai dengan tahap verifikasi.

“Apakah PPK/PPS kita masih siap dan bersedia, jadi begitu PKPU sudah diterbitkan kita akan langsung pelantikan”, ungkap Fendy.

Secara sisi anggaran pun KPU Tanah Laut juga masih menunggu dari KPU Propinsi karena semua anggaran dari KPU Propinsi, KPU Tanah Laut hanya sebagai pelaksana yang diperintahkan KPU Propinsi, tambah Fendy.

Web Seminar ini diikuti oleh Sekda Tanah Laut H. Dahnial Kifli, Asisten Bidang Pemerintahan H. Bambang Kusudarisman, Kepala BPKAD M. Darmin, Ketua Bawaslu Tanah Laut Gunawan Rahayu, Ketua KPU Tanah Laut Arif Muhyar, bertempat di ruang Barakat Lantai II Setda Tanah Laut, Pelaiharii.(MP/Diskominfo Tala)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.