oleh

Bupati : dengan alat tangkap ikan yang baru hasilnya melimpah

mediapublik.net, Swarangan

Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta menyerahan Bantuan Alat Tangkap Ikan Gill Net dan Trammel Net di Desa Swarangan, pada Selasa (27/10).

Dalam sambutannya dihadapan para undangan orang nomor 1 di tala ini mengatakan bahan bakar solar yang awalnya dibeli nelayan melalui pengecer dengan harga Rp 9.000 kini menjadi Rp 6.000 per liter melalui penyaluran solar yang disubsidi untuk para nelayan.

Menurut Sukamta dengan harga solar Rp 6.000 itu sudah layak untuk para nelayan yang dibantu dengan sub penyalur solar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Dengan harga solar Rp 6.000 ini semoga dapat dikelola dengan baik oleh BUMDes dan dapat melayani para nelayan yang membutuhkan,” tuturnya.

Solar bersubsidi Pemerintah Kabupaten Tala disalurkan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Tala, bekerjasama dengan PT. Pertamina dan telah diperkuat dengan MoU bersama Kepolisian Resort Tala yang telah dijalankan hampir tiga bulan lamanya.

Terkait bantuan alat tangkap yang diserahkan pada hari ini, Sukamta menjelaskan alat tangkap yang diserahkan sudah diperbaharui dengan kualitas yang baik, ramah lingkungan dan sesuai ukuran untuk menangkap ikan. Hal tersebut dimaksudkan agar keberlangsungan ikan-ikan kecil di laut dapat terjaga.

“Saya berharap dengan alat tangkap yang baru ini hasil para nelayan akan melimpah dan juga saya berharap alat ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Tiga kelompok yang menerima alat tangkap tersebut adalah Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mutiara Laut dari Desa Swarangan sebanyak 100 set, KUB Putra Pantai dari Desa Muara Kintap 110 set dan KUB Mutiara Laut dari Desa Muara Kintap 110 set.

Kepala DKPP Rizayadi mengatakan pengadaan alat tangkap ini berdasarkan permasalahan dan kebutuhan nelayan. Ia melaporkan ada lima kecamatan dengan enam desa yang mendapatkan bantuan alat tangkap ikan ini diantaranya Desa Sungai Rasau dan Pantai Harapan Kecamatan Bumi Makmur, Desa Takisung Kecamatan Takisung, Desa Batakan Kecamatan Batakan, Desa Swarangan Kecamatan Jorong dan Desa Muara Kintap Kecamatan Kintap.

“Total keseluruhan yang telah diserahkan yaitu 550 unit gill net dan 470 unit trammel net dan itu semua berdasarkan dari permasalahan kawan-kawan nelayan,” ucapnya.

Dalam kegiatan itu Sukamta juga menyerahkan bantuan berupa Al-Qur’an 20 buah dan buku Iqra 50 buah untuk Taman Pendidikan Al-Qur’an Desa Swarangan dari Babin Polsek Jorong. Sukamta juga mengunjungi BUMDes Marlin Jaya Mandiri Desa Swarangan.

Turut berhadir pada acara tersebut Camat Jorong M Alfan Rosidi, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Jorong, Kepala Desa Swarangan, dan tamu undangan lainnya.(MP/Humas)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.