oleh

Meski Pandemi Covid19 Tanah Laut dapat torehkan Prestasi

mediapublik.net, Pelaihari

Hari Jadi Kabupaten Tanah Laut 2 Desember 2020 secara umum diperingati oleh Pemerintah kabupaten Tanah Laut (Tala)  Senin 15 Desember 2020 dengan  sederhana yang  diikuti secara virtual SKPD serta kecamatan se Kabupaten Tanah Laut Tala.

Acara yang digelar pada halaman kantor Bupati Tanah Laut itu selain dihadiri FOPRKOPIMDA , para Kepala SKPD  hanya mengundang pihak luar mereka yang mendapatkan penghargaan berprestasi diberbagai bidang kegiatan dalam pembangunan Tanah Laut.

Bupati Tanah Laut Sukamta yang didampingi Wakil Bupati Abdi Rahman mengenakan baju Sasirang Merah bata bercampur putih dengan motif kembang dibawah kantong baju mereka dihadapan para undangan menyampaikan tentang pembangunan di Tanah Laut.

Dikatakannya meski Tanah Laut sedang dilanda pandemi Covid-19,  Pemerintah Kabupaten  Tanah Laut Pemkab. Tala  tetap menuai banyak prestasi tahun 2020  diantaranya, Penghargaan Pembinaan Program Kampung Iklim Tingkat Kabupaten/Kota tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Kemudian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah selama 7 tahun berturut-turut dan Terbaik kedua Perencanaan Pembangunan Daerah tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pembangunan Bumi Tuntung Pandang yang terus berjalan didalam tujuh program unggulan kabupaten Tala, yaitu Program kredit tanpa agunan dan bunga nol persen untuk sektor pertanian, nelayan, perikanan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tercatat sampai bulan Oktober 2020 telah menyalurkan kredit kepada 784 nasabah senilai Rp 6,4 miliar.

Begitupun dengan peningkatan alokasi Dana Pembangunan Desa sebesar 50 persen, yang mana dalam pelaksanaannya tahun 2020 justru melampaui target yaitu 67 persen atau senilai Rp 127,2 miliar. Kegiatan keagamaan dan sosial disetiap kecamatan dialokasikan sebesar Rp 1 miliar, program ini telah dilaksanakan melalui sistem penganggaran pada kegiatan sosial dan keagamaan dengan mekanisme hibah.

Sementara itu untuk program pelatihan tenaga kerja “siap kerja” minimal 500 orang pertahun, program ini telah melampaui target pada tahun 2020 yaitu 715 orang tenaga kerja siap kerja, pada sektor pelayanan kesehatan oleh dokter/paramedis langsung ke rumah secara gratis telah dilaksanakan melalui program Public Safety Center (PSC) 119, yang mana sampai dengan bulan November 2020 telah melakukan layanan on call emergency 433 kali, non emergency 1.824 kali dan melakukan kegiatan sebanyak 41 kali.

Peningkatan/pengaspalan minimal 85 persen jalan kabupaten pun juga terus dilakukan, dimana tahun 2020 tercatat sebanyak 59 persen dari jalan kabupaten dengan keadaan mantap (baik dan sedang), sementara untuk program menginap bersama masyarakat di 135 desa/kelurahan selama masa jabatan terus berjalan meski sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, tercatat sudah 40 desa yang telah dilaksanakan kegiatan Manunggal Tuntung Pandang tersebut.

“Kami tentunya selalu memprioritaskan tujuh program unggulan kami ini dan alhamdulillah semua program berjalan dengan baik, inshaAllah akan kami penuhi sampai masa jabatan kami berdua habis,” jelasnya.

Bupati Tala juga menuturkan bahwa suasana peringatan hari jadi ke-55 Kabupaten Tala pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena hanya diadakan secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Namun menurutnya makna mendalam dari peringatan hari jadi tahun ini tetap dapat dirasakan.

Meski virus corona membatasi kemeriahan kita, namun makna mendalamnya masih kita rasakan, inilah momentum sejarah yang sepatutnya kita kenang, renungkan, hayati dengan seksama dan selanjutnya menjadi inspirasi kita dalam bekerja dan berkarya bagi Tala, untuk Tala yang maju dan sejahtera,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan mengapresiasi apa yang telah diraih Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dan mengucapkan selamat hari jadi ke-55 Kabupaten Tala. Ia juga berharap agar Kabupaten Tala dapat lebih maju lagi.

“Semoga prestasi ini dapat dipertahankan kalau bisa ditingkatkan lagi, jaring keamanan sosial terus berjalan dan penanganan dampak eonomi dari pandemi Covid-19 dapat dilaksanakan,” ujarnya.

Rudy pun yakin dengan track record yang dimiliki oleh Kabupaten Tala, ia percaya bahwa pandemi Covid-19 dan segala dampak kesehatan, sosial budaya dan ekonomi yang diakibatkan akan segera tertangani.

 

Dalam acara Puncak Peringatan Hari Jadi ke-55 Kabupaten Tala tersebut juga digelar launching Sosialita, yaitu aplikasi atau sistem order semua instansi lingkup Tala, yaitu aplikasi belanja dengan nilai maksimal Rp 50 juta sebagai E-Market lokal dengan berbagai macam produk barang dan jasa yang berasal dari produk UKM lainnya di kabupaten Tala.

Diacara yang sama Bupati melakukan penandatanganan Prasasti Pembangunan Ruang Penunjang RSUD KH. Mansyur Kintap, Prasasti Penambahan Gedung dan Rehabilitasi Puskesmas Angsau, Prasasti Gedung Kantor Kecamatan Takisung dan Prasasti Gedung Serbaguna Dusun III Kecamatan Kintap.

Acara pun dilanjutkan dengan penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Budaya Kabupaten Tala Masturi Sulaiman, yang disaksikan langsung oleh Bupati Tala, Wabup Tala Abdi Rahman, Ketua DPRD Tala Muslimin, Sekretaris Daerah Tala Dahnial Kifli.

Kegiatan dilanjutkan dengan peresmian UPT Puskesmas Angsau dan Kantor Kecamatan Takisung oleh Bupati Tala dan Wabup Tala.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Deputi Direksi BPJS Wilayah Kalimantan Timur, Tengah, Selatan dan Utara, Prio Hadi Susatyo yang juga sekaligus menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemkab Tala atas komitmennya dalam mendukung tercapainya UHC atau Jaminan Kesehatan Semesta. Dan diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalsel dan Bupati / Walikota se-Kalsel secara virtual. (MP/Humpro)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed